Atlet Kabupaten Jayapura Keluhkan Minimnya Fasilitas Latihan Jelang PON 2020

Bupati Jayapura Mathius Awoitauw dan sejumlah pimpinan OPD berfoto bersama ratusan atlet, pelatih dan oficial usai menggelar pertemuan di rumah kediaman Bupati Jayapura/ Andy

SENTANI - Ratusan atlet PON XX tahun 2020 asal Kabupaten Jayapura menggelar pertemuan dengan Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw di kediaman Bupati Jayapura, Minggu (14/7) sore.

Ratusan atlet ini berasal dari 8 Cabang Olahraga (Cabor) yang ada di Kabupaten Jayapura. 8 cabor tersebut diantaranya Pencak Silat, Dayung, Galanita, Angkat Besi, Rugby, Tinju, Volly Putri, dan Kempo.

Dalam pertemuan tersebut, para atlet dan pelatih memaparkan tentang persiapan masing-masing Cabor menghadapi PON XX tahun 2020.

Selain itu, para atlet dan pelatih menyampaikan kendala yang dihadapi dalam masa persiapan. Kendala yang dihadapi diantaranya minimnya fasilitas yang disiapkan dan lokasi latihan yang belum memadai. 

" Persiapan sudah kita lakukan dalam beberapa bulan terakhir, tapi fasilitas penunjang seperti dayung, perahu, dan beberapa fasilitas lain belum memadai, sehingga kami minta pemerintah untuk memenuhi beberapa fasilitas tersebut," kata pelatih Cabor Dayung, Yoram Monim saat menyampaikan persiapan atlet Cabor Dayung untuk PON Papua.

Yoram mengaku bahwa Cabor Dayung optimistis bisa menyumbangkan 5 medali emas dalam pelaksanaan PON XX Papua mendatang, namun pemerintah juga harus memenuhi kebutuhan para atlet.

" Target kita dari cabor dayung pada PON XX tahun 2020 mendatang 5 medali emas, dan itu sdh pasti. Tapi kami minta juga pemerintah siapkan fasilitas penunjang untuk latihan," terangnya.

Minimnya fasilitas latihan juga dikeluhkan pelatih Cabor Rubby, Nico Joki. Menurutnya, belum tersedianya lapangan yang memadai untuk latihan.

" Untuk Cabor Rugby kita minta kalau bisa disediakan lapangan karena sejauh ini kita menggelar latihan dengan cara berpindah-pindah. Untuk saat ini kita menggunakan lapangan Trikora Abepura, tapi itupun kita hanya menggunakan setengah lapangan karena setengahnya digunakan untuk latihan bola kaki," bebernya.

Pemkab Mendata

Menanggapi kendala yang dihadapi para atlet, Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, menyampaikan bahwa pihaknya akan mendata dan memenuhi kebutuhan para atlet.

" Untuk memberikan semangat kepada para atlet, maka kami akan memberikan dukungan dengan menyediakan tempat latihan yang layak. Termasuk fasilitas yang dibutuhkan untuk latihan, kita akan berupaya untuk memenuhi kebutuhan mereka," kata Bupati 

Dia juga menyampaikan, pemerintah Kabupaten Jayapura akan menyediakan bonus bagi setiap atlet asal Kabupaten Jayapura yang meraih medali emas dalam PON XX tahun 2020 mendatang.

" Kita akan memberikan hadiah bagi yang berprestasi dengan meraih medali emas pada PON nanti," ujarnya.

" Selain itu, kita juga berencana untuk memberikan pakerjaan kepada para atlet yang meraih prestasi di PON nanti, yakni bisa menjadi ASN di lingkup pemerintah Kabupaten Jayapura," sambungnya

Bupati mengaku, saat ini pihaknya sudah menyiapkan reward kepada beberapa atlet yang meraih prestasi pada tingkat nasional dan dunia  

" Untuk atlet yang meraih prestasi di tingkat nasional dan dunia pada cabang olahraga Dayung, kita sudah siapkan 11unit rumah bagi mereka, dan kita akan menyerahkan rumah itu kepada mereka dalam waktu dekat," katanya.