Obati Batu Empedu dengan Buah Bit

Net

WARTAPLUS - Buah bit atau kita kenal sebagai buah beet adalah umbi dari akar tanaman bit atau disebut Beta vulgaris dengan bentuk bulat dan berwarna merah keunguan.

Banyak orang memanfaatkan daunnya sebagai sayuran, tapi buah bit lebih dikenal umbinya yang mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Buah satu ini kaya akan karbohidrat tinggi tapi kandungan lemak, kalori dan proteinnya sangatlah rendah.

Tak hanya itu, karena warnanya yang pekat buah bit juga sering dipakai pewarna makanan alami. Nah, karena banyak sekali kandungan nutrisi dan mineral dalam buah bit, banyak orang yang memanfaatkannya untuk kesehatan bahkan mengobati berbagai penyakit, salah satunya batu empedu. Meskipun rasanya kurang enak, ternyata banyak orang yang mencari buah bit untuk dijadikan sayur ataupun jus.

Empedu adalah organ vital pada tubuh manusia yang berfungsi untuk melumatkan lemak yang ada pada kolesterol. Terbuat dari bilirubin, garam empedu dan kolesterol ini terdapat cairan kolesterol yang diambil dari darah manusia. Dan jika cairan kolesterol pada empedu mengeras maka akan membentuk batu empedu.

Hal ini disebabkan oleh adanya kolesterol yang menumpuk sehingga menjadi proses salturasi dimana kolesterol dalam tubuh sudah tidak dapat lagi di metabolisme. Dan akibatnya batu empedu menyebabkan peradangan kantong empedu seperti sakit perut yang terus menerus, demam tinggi, sakit kuning dan denyut jantung berdetak cepat.

Untuk itu, anda jangan terlalu cemas. Meski buah bit kurang disukai dan hanya sebagian orang saja yang tahu kandungan di dalamnya sangat beragam. Kandungan nutrisi tersebut berupa energi, karbohidrat seperti gula, serat, lemak, protein, vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B9, vitamin C, kalsium, mangan, magnesium, fosfor, kalium, natrium, zat besi dan zink.

Disamping kandungannya, bit dapat diolah menjadi berbagai varian seperti dijadikan saus, selai, agar-agar atau dibuas jus.

Nah, itulah sejumlah kandungan dan cara memanfaatkan buah bit untuk mengatasi penyakit batu empedu. Namun, sangat disayangkan mengkonsumsi buah bit dapat menyebabkan beeturia, yang mana kondisi urine berwarna merah. Sehingga mengatasi batu empedu dengan buah bit tidaklah efektif. [net]