Dorong Wirausaha di Papua Barat, Gubernur Dominggus Gandeng Billy Mambrasar di Inggris

Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan foto bersama usai menerima penghargaan sebagai Pahlawan Konservasi Global/istimewa

MANOKWARI-  Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan menggandeng seorang mahasiswa di Universitas Oxford di Inggris, Billy Mambrasar.

Pria Papua asli Biak itu akan membantu Gubernur mendorong Kewirausahaan di Papua Barat. Hal itu terungkap saat Gubernur Dominggus Mandacan bertemu mahasiswa Papua yang akan mengakhiri studinya di Universitas Oxford pada 7 Juni 2019.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Papua Barat, Prof Charlie D. Heatubun melalui pesan rilis mengatakan bahwa pertemuan itu dilakukan sebelum Gubernur Papua Barat bertemu pihak investor di Amerika Serikat (AS).

Menurut penjelasan Prof Charli bahwa Gubernur Papua Barat kerja keras untuk menjadikan Provinsi Papua Barat sebagai provinsi konservasi.

Namun secara khusus bersama Billy Mambrasar, Gubernur akan mendorong dari bidang Kewirausahaan di Papua Barat. Apalagi pria asli Biak itu menjadi tim penyusun dokumen cetak biru dan peta jalan investasi hijau di Papua dan Papua Barat.

"Dokumen ini akan digunakan untuk memberikan arahan bagi perusahaan swasta yang akan berinvestasi mengikuti falsafah keberlanjutan di Papua dan Papua Barat," kata Prof Charli.

Apalagi menurut Prof Charli bahwa kegiatan berinvestasi akan didanai dan didukung Pemerintah Inggris melalui agensi perlindungan dunia dari perubahan iklim (UKCCU).

Kata dia, diskusi Gubernur dan Billy Mambrasar terjadi dalam rangkaian momen persiapan keberangkatan untuk bertemu dengan Investor dan pemerintah Amerika Serikat.

Salah satu agendanya adalah mendorong  dan mempromosikan potensi investasi dan alam Papua Barat untuk bisnis berkelanjutan.

Sementara itu, Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan berpesan agar tetap komitmen jelas dalam menjaga 70 persen wilayah hutan terlindungi dan terjaga, serta 50 persen wilayah laut tetap bersih dan tidak rusak. Sebab hal ini menjadi tanggung jawab anak-anak muda Papua seperti kalian untuk ikut terlibat menjaganya.

"Jadi kunjungan yang berlangsung di Los Angeles Amerika Serikat merupakan undangan resmi Presiden Organisasi Internasional berbasis lingkungan, Conservation International (CI)," katanya.

Acara itu dihadiri beberapa CEO perusahaan besar yang tertarik menanamkan investasinya di Papua Barat, antara lain Mars, Unilever dan dihadiri Gubernur California, dan Walikota Los Angeles.

Di kesempatan itu, Gubernur bertemu dengan Mahasiswa Papua Barat di Los Angeles yang akan berfokus mengangkat peran mahasiswa dalam menjaga alam Papua serta berkontribusi bagi pembangunan Provinsi Muda di timur Indonesia ini.

“Billy dan teman-teman yang sudah belajar di luar negeri diharapkan dapat kembali dan mengamalkan ilmu kalian, mendukung pembangunan Papua Barat yang tetap menjaga kelestarian alam tanah ini,” pesan Dominggus Mandacan. *