Sambut Lebaran 1440 Hijriah, SAR Jayapura Siagakan 80 Personil

Tampak sejumlah personil SAR Jayapura saat mengikuti apel siaga di halaman kantor SAR Jayapura, Senin pagi/Andy

SENTANI – Dalam rangka persiapan siaga lebaran 1440 Hijriah yang jatuh pada 5 Juni 2019, Kantor Pencarian dan Pertolongan Jayapura menyiagakan 80 personil dan peralatan yang dibuka dengan melakukan apel siaga SAR khusus angkutan lebaran 2019 di halaman Kantor SAR Jayapura, Senin (27/5) pagi.

Kepala SAR Jayapura, Putu Agra Sujarwadi, mengatakan, apel siaga ini dilakukan untuk mengecek kesiapan personil dan sarana yang akan digunakan selama bertugas. Dikatakan, pada lebaran tahun ini, Kantor SAR Jayapura akan menyiagakan sedikitnya 80 personil yang dilengkapi dengan peralatan.

“Ini sudah manjadi agenda tahunan oleh Basarnas sehingga persiapan harus lebih baik untuk membantu masyarakat dalam memberikan rasa aman dan nyaman saat melaksanakan mudik lebaran,” kata Kepala SAR Jayapura, Putu Agra Sujarwadi kepada wartawan di Sentani, Senin (27/5) pagi.

Putu menuturkan, pada lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah, Kantor SAR Jayapura akan menyiagakan 80 personil beserta perlengkapan di sejumlah lokasi seperti, bandara sentani, pelabuhan jayapura dan sejumlah objek wisata yang ada di jayapura.

“Personil yang bertugas akan dilengkapi dengan perlengkapan Basarnas seperti kapal cepat SAR Rescue Boat (RB) 222 Jayapura yang disiagakan di Dok 9 Jayapura, Rigid Inflatable Boat (RIB) dengan kekuatan 400 PK di tempat di Pos SAR Sarmi dan Danau Sentani,” ujarnya.

“Karena saat ini sudah masuk musim liburan, maka kita akan menambah pengawasan di sejumlah objek wisata di Jayapura yang akan menjadi objek keramaian selama lebaran,” tambahnya.

Selain objek wisata, personil SAR Jayapura juga akan fokus pada penumpang kapal yang melalui Pelabuhan Jayapura.

“Kita juga akan fokus di Pelabuhan Jayapura karena jumlah penumpang sangat meningkat. Kita akan siagakan kapal di Dok 9 Jayapura yang dapat digunakan sewaktu-waktu,” terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, Putu menekankan pentingnya sikap sopan santun saat berkoordinasi dengan instansi terkait, serta harus mengikuti prosedur yang ada. “Kepada seluruh personil SAR yang bertugas, kita minta agar selalu menunjukan sikap profesional, disiplin tinggi dan juga mengutamakan keselamatan,” pesannya. *