Tokoh Adat Sentani Ajak Warga Jaga Kerukunan Pasca-Pemilu

Tokoh Adat Kampung Diagran, Distrik Kemtuk Gresi, Imanuel Udam/Istimewa

JAYAPURA – Tokoh Adat Kampung Diagran, Distrik Kemtuk Gresi, Imanuel Udam mengajak seluruh masyarakat agar menjaga persatuan dan kerukunan serta tidak terpancing isu yang dapat menggangu stabilitas keamanan di Jayapura.

“Kita harus berpikir jernih dan dapat menahan diri untuk tidak terprovokasi dengan isu-isu yang tidak jelas, tetap jaga persatuan dan kerukunan demi masa depan Bangsa Indonesia yang lebih baik,” kata Imanuel, Rabu (15/5).

Imanuel memastikan bahwa proses penghitungan suara Pemilu 2019 saat masih berjalan secara terbuka dan transparan. Perhitungan suara dihadiri para saksi, baik saksi partai politik, kontestan maupun media massa.

“Kita belum tahu hasil akhir proses penghitungan suara ini, karena prosesnya masih berjalan. Namun sepatutnya kita hargai proses tersebut dan dapat menerima apapun keputusan KPU dalam Pemilu,” tuturnya.

Ia pun menyarankan kepada kandidat maupun kelompok pendukung calon legislatif yang merasa dirugikan agar menempuh jalur hukum sesuai mekanisme yang diatur dalam perundang-undangan.

“Jadi tidak perlu melakukan People Power yang berpotensi memicu kegaduhan dan mengganggu stabilitas keamanan,” tegasnya. *