Masyarakat Jayapura Diminta Jangan Terpancing Isu People Power

Tokoh masyarakat di Kampung Ifar Besar, Kabupaten Jayapura, Arnold Yoku/Istimewa

JAYAPURA – Salah seorang tokoh masyarakat di Kampung Ifar Besar, Kabupaten Jayapura Arnold Yoku mengimbau seluruh warga agar tidak terpancing isu people power pasca-Pemilu Serentak 2019 di Papua.

Menurut Arnold Yoku, Pemilu 2019 di Papua yang dilaksanakan serentak telah berjalan aman dan lancar serta demokratis. Keberhasilan ini tidak terlepas dari partisipasi seluruh komponen masyarakat dan aparat keamanan TNI- Polri.

Ia pun meminta semua pihak menunggu hasil keputusan KPU. “Jika ada perselisihan lakukan  gugatan sesuai hukum melalui mekanisme yang ada, bukan terprovokasi dengan melakukan aksi pengerahan massa,” tuturnya.

Dalam demokrasi, Arnold berpendapat, perbedaan pilihan merupakan hal biasa dan lumrah. Perbedaan pilihan merupakan konsekuensi logis dari sebuah demokrasi, sehingga siapa pun yang terpilih adalah hasil pilihan rakyat.

“Kita harus berpikir jernih dan dapat menahan diri untuk tidak terprovokasi dengan isu-isu yang tidak jelas, tetap jaga persatuan dan kerukunan demi masa depan Bangsa Indonesia yang lebih baik,” tegas Arnold.

Ia juga mengajak seluruh masyarakat menjaga, memelihara kamtibmas yang kondusif di Kabupaten Jayapura. *