Hari Kedua Pleno di KPU Mappi Masih Dijaga Ketat

Anggota kepolisian ketika melakukan pengamanan pleno tingkat kabupaten di Mappi/Humas

JAYAPURA - Hingga hari kedua pleno KPU Kabupaten Mappi masih dijaga ketat ratusan aparat gabungan TNI-Polri, Selasa (7/5) pagi.

Kapolres Mappi AKBP I Gusti Dhana Aryawan menerangkan dalam pengamanan pleno tingkat kabupaten pihaknya melibatkan sedikitnya 130 personil.

"Kami libatkan Polisi 100 orang di backup 30 orang dari rekan TNI," terangnya Selasa (7/5) siang ketika dihubungi melalui telepon seluler.

kata Gusti ratusan personel yang terlibat dibagi di sejumlah titik diantaranya, di lokasi pleno KPU di Gedung Qaindauri Kepi, di Kantor Bawaslu, KPU, dan gudang logistik.

"Kami lakukan sistem pengamanan berpola terbukanya dan tertutup selama pleno berlangsung. Sejauh ini sejak hari pertama pleno berjalan lancar walaupun ada kendala di hari kedua ini," jelasnya.

Dirinya pun menambahkan, selain menerjunkan ratusan personel kemana, pihaknya pun menurut tim kesehatan guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi terhadap personil yang melakukan pengamanan.

"Selain itu, kegiatan ini juga menurunkan tenaga untuk melakukan pelayanan medis. Tim medis dari RSUD Mappi Hingga Damkar disiagakan di lokasi. Pelayanan kesehatan dasar itu, tidak hanya untuk pelayanan kepada personil Polri-TNI saja, termasuk untuk jajaran KPU, Bawaslu dan masyarakat yang menghadiri kegiatan Pleno," ujarnya.

Gusti pun meminta dukungan masyarakat untuk bersama-sama menjaga situasi Kamtibmas di Kabupaten Mappi tetap kondusif tanpa termakan hasutan-hasutan oknum tidak bertanggung jawab.

"Terselenggaranya pemilu sejak awal hingga akhir tidak terlepas dari dukungan masyarakat, maka dari itu saja himbau agar masyarakat tidak mudah terprovokasi dengan isu yang belum tentu ada kebenarannya," tegasnya. *