Jaga Tempat Ibadah dan Pantau Harga Bapok, Fokus Utama Polresta Selama Ramadan

Kapolres Jayapura Kota AKBP Gustav R Urbinas/Cholid

JAYAPURA – Selain mengamankan setiap masjid di Kota Jayapura, sepanjang bulan suci Ramadan 1440 Hijriyah untuk kenyamanan umat muslim menjalakna ibadah puasa, Kepolisian Resort Jayapura Kota telah membentuk Tim Terpadu guna memantau harga bahan pokok guna mengantsipasi adanya kecurangan.

Kapolres Jayapura Kota, Ajun Komisaris Besar Pol Gustav Urbinas mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan personil yang akan disebar untuk tugas pengamanan setiap masjid, selama masa puasa. Bahkan Satuan Tugas Terpadu juga telah dibentuk guna melakukan pemantauan harga-harga bahan makanan pokok ke setiap pasar.

“Tim ini nantinya akan bergerak memantau harga Bapok di setiap pasar. Kami tinggal menunggu surat edaran dari bapak Walikota yang nantinya dasar kita melakukan tugas sosialisasi sekaligus pemantauan,” kata Gustav beberapa waktu lalu.

Kata Gustav, Tim Terpadu  yang ia maksud terdiri dari pihak Pemerintah Kota, Kepolisian, dan juga Balai Pengawasan Obat dan Makanan. “Kita akan awasi mulai dari ketersediaan bahan pangan, masa kedaluarsa serta harga yang layak. Apabila kita temukan oknm yang menimbun barang-barang yang mempengaruhi harga Sembako, akan kita tindak,” jelasnya seraya menghimbau kepada warga kota agar menjaga kerukunan dan toleransi beragama di Kota Jayapura.

Disinggung terkait peredaran minuman keras selama bulan Ramdhan, Gustav menegaskan kepolisian akan melakukan patroli rutin untuk melakukan pengecekan setiap warung yang menjual Miras. Mulai dari kelengkapan izin yang dikeluarkan pemerintah kota, juga batas waktu penjualan yang telah ditentukan. *