Kinerja TNI-Polri Diapresiasi Caleg DPRD Merauke

Maria Theresia Gebze/Istimewa

JAYAPURA - Para calon legislatif (Caleg) DPRD Kabupaten Merauke mengapresiasi kinerja aparat keamanan, KPU dan Bawaslu setempat dalam pemilu 2019.

Heribertus Silubun selaku caleg dari Partai PDIP Dapil 3 Kabupaten Merauke mengatakan Polres dan Polsek Merauke dibantu TNI setempat telah maksimal melaksanakan pengamanan pemilu 2019.

"Termasuk melakukan pengamanan di TPS dan patroli wilayah cipta kondisi, sehingga situasi kamtibmas saat pemungutan suara dan penghitungan suara serta keamanan bisa berlangsung aman dan kondusif," ungkapnya beberapa waktu lalu di Kota Jayapura.

Menurut dia, itu adalah bukti keseriusan Polri dan TNI dalam berikan jaminan pengamanan pemilu dan tidak terlena dengan situasi kamtibmas di Kota Merauke yang aman dan kondusif, sehingga tetap berpatroli.

"Jangan sampai situasi yang tercipta saat ini diganggu dengan hal-hal yang dapat mengganggu pelaksanaan pesta demokrasi ini sehingga terjadi perpecahan persatuan dan kesatuan yang dapat merugikan Bangsa Indonesia," katanya.

Menurut dia, KPU dan Bawaslu Merauke sudah pasti akan bekerja profesional sehingga hasil yang diharapkan bisa diterima dengan baik oleh semua warga di Merauke.

"Sebagai kader partai politik peserta Pemilu, kita mempercayakan kepada hasil pleno dan keputusan KPU yang akan diselenggarakan dua hari ke depan," katanya.

"Kami juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak terpengaruh, provokasi atau hasutan dari kelompok-kelompok orang untuk melakukan tindakan-tindakan yang akan mengganggu dan mencederai pesta demokrasi lima tahunan ini dengan cara-cara inkonstitusional," jelasnya.

Senada itu, Maria Theresia Gebze dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengaku bahwa kinerja para penyelenggara terlihat sangat maksimal.

"Kami sepenuhnya mendukung penyelenggara yakni KPU dalam perhitungan hasil pleno hari ini dan kami juga mengucapakan terima kasih kepada pihak keamanan Polri dan yang sudah datang menjaga keamanan pelaksanaan rapat ini sehingga pelaksanaannya dapat berjalan dengan baik dan lancar," katanya.

Dia berharap kepada seluruh peserta pemilu dan seluruh warga masyarakat Merauke agar menciptakan dan mendukung situasi keamanan yang kondusif.

"Karena motto orang Merauke adalah Izakod bekai, Izakod Kai. Artinya, Satu Hati, Satu tujuan menuju Merauke yang Zona damai dan zona cinta kasih," kata Maria. *