Kemajuan Proyek Palapa Ring di Papua Sudah 86,48 Persen

Menkominfo Rudiantara meninjau pembangunan tower microwave, dalam proyek Palapa Ring Paket Timur di pegunungan Fakfakuba, Jayawijaya/Istimewa

JAYAPURA – Progres atau kemajuan proyek Palapa Ring Paket Timur, khususnya di Provinsi Papua, dipastikan telah mencapai 86,48 persen.

Kepala Dinas Kominfo Papua Kansiana Salle via telepon selulernya, Rabu (1/5) mengaku baru saja mendampingi kunjungan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara di Kabupaten Jayawijaya, Selasa (30/4) kemarin.

Menkominfo dan rombongan dengan menggunakan pesawat helikopter mengunjungi pegunungan Fakfakuba untuk melihat secara langsung pembangunan tower microwave, dalam proyek Palapa Ring Paket Timur.

“Dari kegiatan ini terungkap pula pemasangan kabel fiber optik maupun microwave pada 23 kabupaten, khusus untuk kabel fiber optik darat mencapai 94,015 persen sedangkan microwave  92,87 persen,” ungkap Kansiana

Diakuinya, kunjungan Menkominfo tersebut disambut suka cita masyarakat setempat Sebab lokasi tersebut ternyata hanya bisa ditempuh dengan transportasi udara.

“Termasuk semua bahan maupun material, lalu air galon yang dikomsumsi pekerja pun dibawa dengan transportasi udara,” akunya.

Diketahui, Menkominfo Rudiantara dalam kunjugannya ke Papua juga menyaksikan salah satu pemanfaatan broadband Palapa Ring yang diimplementasikan oleh pembelajaran live streaming antara Jakarta dengan dua kabupaten di Natuna dan Mimika.

Live streaming itu, tepatnya berlokasi di Sejolah Dasar Negeri (SDN) Pomako - Timika, Kabupaten Mimika. Kegiatan ini juga dihadiri seluruh pejabat terkait di wilayah setempat.