Timnas U15 Tanpa Target di Turnamen Internasional Portugal

Manajer Timnas Pelajar U15, Ray Manurung bersama pemain timnas pelajar U15 asal Papua/Andy

SENTANI – Timnas pelajar U15 akan mengikuti turnamen internasional Iber Cup Estoril di Portugal tanggal 1-6 Juli 2019. Menghadapi turnamen tersebut, timnas U15 akan menggelar Training Center (TC) kedua yang dimulai awal Juni 2019.

Manajer Timnas Pelajar U15, Ray Manurung, mengungkapkan, saat ini skuat timnas U15 sudah terbentuk. Dimana dari 22 nama yang dinyatakan lolos seleksi, semuanya mewakili Indonesia dari Aceh sampai Papua.

“Kita sudah laksanakan seleksi dan 22 orang sudah terpilih, ada dari Aceh, Bengkulu, Sulawesi, NTB, dan Papua. Sekarang mereka sementara melakukan ujian nasional dan setelah itu kita akan melakukan TC kedua awal Juni sebelum berangkat ke Portugal,” katanya kepada wartawan di sentani, Kabupaten Jayapura, Selasa (30/4) malam.

Dikatakan, timnas pelajar U15 akan bertolak ke Portugal satu minggu lebih awal dari jadwal pertandingan yakni tanggal 25 Juni agar pemain dapat menyesuaikan diri dengan cuaca di Portugal.

“Kita duluan seminggu untuk TC sekaligus penyesuain lapangan, cuaca dan atmosfir kompetisi karena kita akan bersaing dengan berbagai akademi di eropa seperti akademi dari Real Madrid, Barcelona, Manchester, Liverpool, Ajax, dan banyak akedemi lainnya,” terangnya.

Menurutnya, keikutsertaan timnas pelajar U15 di Portugal bukan hanya untuk mengikuti turnamen, melainkan untuk melihat dan memperkenalkan sepakbola luar negeri kepada pemain timnas U15 sehingga menambah wawasan dan kepercayaan diri pemain.

“Kita juga sudah menghubungi beberapa club disana dan memberikan profil pemain yang akan kesana, supaya mereka melihat dan kalau tertarik mungkin bisa diberikan beasiswa atau diberikan kesempatan untuk trail di akademi eropa,” ungkapnya.

Disinggung soal target, Ray mengaku bahwa timnas pelajar U15 akan berusaha semaksimal mungkin untuk mendapat hasil terbaik.

“Target disana kalau bisa juara, tapi kita realistis bahwa tujuan kita kesana bukan hanya untuk piala, tapi kita ingin mempersiapkan mereka ke jenjang berikutnya, jadi dengan turnamen ini mereka melihat sepakbola itu seperti apa di dunia barat sana, supaya menambah wawasan dan kepercayaan diri meningkat,” bebernya.

“Kita juga ingin memperkenalkan kepada pemain kita bahwa sepakbola itu bukan hanya bermain dan setelah pensiun selesai. Tapi kita ingin memberikan mereka pemahaman bahwa setelah pensiun masih bisa menjadi pelatih maupun analisis pertandingan dan profesi-profesi lain dalam sepakbola,” tandasnya.

Dari 22 nama pemain timnas pelajar U15, terdapat sejumlah pemain yang berasal dari Papua. Mereka adalah, Donny Yoku, Adriano Manuri, Desman Wakerwa, Rorisi Pulanda, Michael tata, Ricardo Youwe, Marcelo Buara. Mereka akan dilatih langsung oleh legenda sepak bola Indonesia, Aples Gideon Tecauri. *