Peringati Hardiknas PDBI Kabupaten Jayapura Gelar Festival Drumband Tingkat PAUD dan TK

Peserta pertama dari Drumband Gita Cahaya Islami TK Darul Ikhlas Sentani/Andi Riri

SENTANI - Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional,yang jatuh pada  2 Mei 2019, Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) Kabupaten Jayapura menggelar Festival Drum Band tingkat PAUD dan TK se kabupaten dan Kota Jayapura.

Festival yang berlangsung sehari ini digelar di halaman masjid Al Aqsa, Senin (29/4) pagi.

Wakil Ketua PDBI Kabupaten Jayapura, H. Sakaruddin dalam sambutannya mengatakan, penyelenggaraan festival ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan pihaknya guna mendorong, memberikan semangat, membina dan mengenalkan drum band bagi anak anak usia dini.

"Kegiatan ini dapat memberikan sumbangsih bagi generasi penerus kita khususnya anak anak PAUD dan TK, sehingga mereka mampu bertumbuh dan berkembang menjadi generasi yang kelak dapat berkontribusi dalam pembangunan,"

Melalui festival ini juga, kata Sakaruddin, sekaligus sebagai wujud proteksi perlindungan, mengembalikan keceriaan anak anak yang trauma pasca banjir bandang yang menerjang sejumlah wilayah di Sentani, 16 Maret lalu

" Ini juga bagian dari trauma healing (terapi menghilangkan trauma) anak anak yang terkena dampak banjir bandang. Bagaimana mengembalikan kondisi psikisnya sehingga mereka menjadi anak yang kembali ceria, bersemangat, tegar, dan patuh,"harapnya.

Lanjut dijelaskan Sakaruddin, drum band merupakan salah satu cabang olahraga (cabor) yang bernaung di bawah KONI dan merupakan cabor rekreasi dan cabor prestasi.

"Karen di beberapa pekan olahraga termasuk PON XX tahun depan cabor drumbenda akan dipertandingkan," jelasnya.

Sementara itu Ketua Panitia, Gempasyah Chandra dalam laporannya menyebutkan, festival ini diikuti oleh sebanyak 28 grup peserta. Adapun sponsor utama kegiatan ini dari PT.Semuwa Grup, PT Trigana Air Service, Bank Syariah Mandiri, BRI, Mandiri, UBM Grup dan sponsor lainnya