Kasal Pesan Tujuh Poin Ini ke Jajaran TNI AL

Pangkoarmada (kiri) saat memimpin apel khusus hari ini/Ola

SORONG-Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III Laksamana Muda TNI I. N.G. Ariawan, memimpin Apel Khusus gabungan Koarmada III dan Lantamal XIV Sorong di lapangan upacara Koarmada III Kota Sorong, Papua Barat, Senin (22/4). 

Pada Apel Khusus tersebut, Pangkoarmada III membacakan amanat tertulis Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, yang menegaskan bahwa dalam rangka Pemilu 2019, TNI Angkatan Laut bersama komponen bangsa lainnya telah mengerahkan kekuatan yang cukup besar baik berupa prajurit maupun Alutsista yang tergelar di seluruh wilayah Indonesia.

Dengan profesionalisme dan semangat pengabdian yang tinggi dilandasi Sumpah Prajurit dan Sapta Marga, para prajurit TNI AL dapat mengemban tugas secara proporsional dan profesional. 

Begitu juga dalam menjaga netralitas, para prajurit telah dapat membuktikan sikap tidak berpihak pada salah satu golongan atau calon. 

“Untuk itu, pada kesempatan yang baik ini, selaku pelaku Pemimpin TNI Angkatan Laut, saya mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada prajurit yang telah terlibat dalam menjamin keamanan selama Pilpres dan Pileg”, tegas

Kasal yang dibacakan Pangkoarmada III. 
Menurut Kasal lebih lanjut bahwa dua tahapan Pemilu yaitu masa kampanye dan pencoblosan telah dilaluli dengan aman dan lancar. Tidak ada hal-hal menonjol yang mengganggu jalannya agenda nasional tersebut. Namun demikian, memasuki tahap penghitungan suara dan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden serta anggota Legislatif, kita harus tetap waspada untuk tetap dapat menjamin keamanan dan ketertiban sehingga pelaksanaan demokrasi di Indonesia dapat berjalan dengan baik. 

Untuk itulah, melalui Apel Khusus ini, Pangkoarmada III menyampaikan penekanan Kasal beberapa hal sebagai berikut, yaitu pertama, seluruh Prajurit dan PNS TNI AL harus menciptakan keamanan dan ketenangan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di wilayah kerja masing-masing.
Kedua, seluruh Prajurit dan PNS TNI AL serta keluarga tidak terpancing berita provokatif maupun berita media sosial serta Hoax yang dapat mengganggu stabilitas keamanan. 
Ketiga, seluruh Prajurit dan PNS TNI AL tetap menjaga netralitas serta tidak melanggar ketentuan peraturan serta perundang-undangan yang berlaku. 

Keempat, seluruh Prajurit dan PNS TNI AL agar memegang teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Panca Prasetya Korpri.
Kelima, tingkatkan soliditas TNI-Polri untjuk bersama-sama dalam menjaga dan mengawal pelaksanaan tahapan pesta demokrasi selanjutnya, sehingga dapat berjalan sukses dan lancar. 

Keenam, agar seluruh Prajurit dan PNS TNI AL memberikan pemahaman kepada keluarga masing-masing dalam bermedia sosial dengan tidak membuat pernyataan dan atau memberikan komentar-komentar kepada siapapun yang dapat menimbulkan kegaduhan.

Ketujuh, seluruh Prajurit dan PNS TNI AL beserta keluarga menjaga citra nama baik TNI khususnya TNI AL.

Apel Khusus juga diikuti Kepala Staf Koarmada III Laksamana Pertama TNI Dadi Hartanto, Komandan Guspurla Koarmada III Laksma TNI P. Rahmad Wahyudi, Komandan Lantamal XIV Sorong Brigjen TNI (Mar) Hermanto, dan para pejabat utama Koarmada III dan Lantamal XIV Sorong.*