Distribusi Logistik Belum Rampung, Pencoblosan di Dua Distrik Kota Jayapura Ditunda Besok

Suasana pencoblosan di salah satu TPS di Kota Jayapura/Istimewa

JAYAPURA - Karena alasan distribusi logistik belum rampung hingga ke Tempat Pemungutan Suara (TPS), dua distrik di Kota Jayapura terpaksa menunda pencoblosan pada Kamis (18/4) besok. Batalnya pencoblosan tersebut disampaikan Ketua KPU Provinsi Papua, Theodorus Kossay. 

"Logistik  rampung hingga hari ini, maka tadi kami sudah rapat bersama dan Bawaslu Kota Jayapura merekomendasikan dilakukan pemungutan suara susulan," kata Theo kepada pers di kantor KPU Kota Jayapura, Rabu (17/4)

Menurut Theo, sebagaimana hasil rapat bersama antara KPU Provisni, KPU Kota Jayapura dan Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kota Jayapura, proses pendistribusian logistik untuk 2 distrik yakni Abepura dan Jayapura Selatan membutuhkan waktu. 

"Sekarang sudah pukul 10.30 Wit, distribusi ke TPS membutuhkan waktu, jadi tidak efektif sehingga bawaslu rekomendasikan untuk susulan di Distrik Abepura dan Japsel khususnya 3 kelurahan," katanya.

Sebelumnya, di Kelurahan Argapura pencoblosan di 47 TPS dinyatakan resmi di tunda, lantaran keterlambatan dan tidak lengkapnya logistik Pemilu yang di droping dari Gudang KPU ke Kantor Kelurahan

"Kita tunda, KPU tidak ijinkan kita coblos hari ini, karena logistik tidak lengkap," kata Ketua PPS Kelurahan Argapura, Yulince Fonotaba.

Yulince mengaku logistik untuk 47 TPS di kelurahan Argapura baru di droping pukul 10.00 WIT dan tiba di Kantor Kelurahan pukul 11.00 WIT. 

Penundaan ini, katanyaa sebagaimana instruksi KPU Kota Jayapura. 

"Tadi kita ketemu langsung dengan Ketua KPU Kota Jayapura ada pak ketua KPU Provinsi juga di ruangan bendahara KPU di Kantor KPU Jayapura, jadi perintahnya hari ini pencoblosan di batalkan," tegasnya.