Polres Gandeng RAPI, Orari dan Gojek Pantau Situasi Kota Jayapura

Kapolres Jayapura Kota AKBP Gustav R Urbinas/Cholid

JAYAPURA – Polres Jayapura Kota menggandeng organisasi Radio Amatir Repbulik Indonesia (ORARI), Radio Antarpenduduk Indonesia (RAPI) dan Gojek Jayapura guna membantu memonitoring wilayah hukum Polres Jayapura Kota selama proses pencoblosan  dalam pemilihan umum 17 April besok.

Hal tersebut diungkapkan KApolres Jayapura Kota AKBP Gustav R Urbinas di Mapolres Jayapura Kota, Selasa (17/4) siang.

Ia menerangkan, jalinan kerja sama yang dibangun ini merupakan langkah untuk memudahkan pihaknya memantau seluruh wilayah hukum apabila terjadi tindakan kriminalitas.

“Khusus ivent demokrasi besok, kami akan dibantu mitra kami dalam emonitoring setiap kejadian di Kota Jayapura, karena saat keterbatasan personil yang terlibat dalam pengamanan Pemilu,” jelasnya.

Kata Gustav, untuk proses kerjasama memonitoring wilayah dengan Orari dan RAPI akan menggunakan sarana komunikasi radio, sedangkan Gojek menggunakan aplikasi quik respon dengan menekan tombol Bottom pada aplikasi noken.

“Kami yakini kerjasama ini akan membawahasil yang baik untuk menjaga situasi di wilayah hukum Polres Jayapura tetap kondusif apabila terjadi satu tingkat kriminalitas,” terangnya.

Sementara itu Wakil Ketua II RAPI Kota Jayapura, Yohanis U menuturkan pihaknya siap sedia membantu pihak kepolisian dalam memonitoring wilayah di Kota Jayapura apabila terjadi tindak kriminal.

“Kami ada 200 anggota yang tersebar di Kota Jayapura secara sukarela sudah siap untuk membantu memberikan informasi kepada pihak kepolisian apabila terjadi tindakan kriminalitas,” terangnya.

Hal senada pun diutarakan Ketua Orari Lokal Kota Jayapura, Bayat dimana pihaknya yang berjumlah 300-an simpatisan siap membackup informasi kepada pihak kepolisian.

“Kami siap mendukung pihak kepolisian dalam mensukseskan Pemilu dengan membantu memonitoring seluruh wilayah di Kotara Jayapura apabila terjadi sesuatu maka kami akan segera melaporkan kepada pihak kepolisian untuk ditindak lanjuti,” bebernya.

Sementara Kepala Cabang Gojek Jayapura, Irto Sarungu menuturkan dirinya telah mengarahkan kepada para anggonya untuk memanfaatkan aplikasi queik respon yang telah dibekali untuk membantu memberikan informasi apabila terjadi atau menemukan suatu kejadian selama beraktifitas.

“Kami sudah dibekali aplikasi noken dengan demikian kami akan melaporkan kejadian kepada piha kepolisian dengan aplikasi yang sudah ada,” ucapnya. *