TNI AL Siapkan Ratusan Prajurit dan 8 KRI Amankan Pemilu di Papua Barat

Panglima Armada (tengah) saat memberikan pengarahan kepada supir armada darat dalam pemantapan pengamanan Pemilu/Ola

SORONG-Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III Laksamana Muda TNI I N.G. Ariawan, menegaskan bahwa Komando Armada III, Pasmar-3, dan Pangkalan Utama TNI (Lantamal) XIV Sorong beserta jajaran siap menghadapi tugas nasional yang sangat penting dan strategis, yaitu mengamankan dan mensukseskan Pemilihan Umum 2019.

Penegasan tersebut disampaikan Panglima saat Apel Gelar Pasukan pengamanan Pemilu Komando Armada III, Pasmar-3, dan Lantamal XIV di Lapangan Mako Koarmada III, Kota Sorong, Papua Barat, Minggu (14/4). 

Ditemui usai memimpin Apel gelar pasukan, Panglima menjelaskan selain menyiapkan personil dari Armada III, Pasmar 3 dan Lantamal XIV, juga menyiapkan armada darat serta 8 KRI yang siap membantu Polri jika dibutuhkan dalam pengamanan Pemilu.

Menurut Pangkoarmada III, melalui kegiatan Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pemilu 2019 ini diharapkan Koarmada III, Pasmar-3 dan Lantamal XIV beserta jajaran mampu bersinergi dengan satuan TNI lainnya untuk memberikan bantuan pengamanan atas permintaan dari Polri, karena jaminan stabilitas keamanan di Kota Sorong merupakan barometer bagi stabilitas keamanan pelaksanaan Pemilu di daerah dan di pulau-pulau yang berada di wilayah Papua Barat.

Pangkoarmada III juga menegaskan kembali bahwa sebagai prajurit TNI harus senantiasa menjunjung tinggi netralitas dan memiliki tanggung jawab untuk mensukseskan Pemilu dengan menjamin keamanan penyelenggaraannya, sehingga Pemilu berlangsung dengan lancar, aman, dan damai. 

Dinamika dan perubahan dalam masyarakat perlu mendapatkan perhatian ekstra bagi seluruh prajurit Koarmada III, Pasmar-3 dan Lantamal XIV menjelang Pemilu Legislatif dan Presiden tahun ini, baik dimasa tenang menjelang Pemilu, saat pelaksanaan  Pemilu maupun selesai pelaksanaan Pemilu.

"Semua pasukan, Kita pusatkan disini (Sorong), tatkala ada permintaan dari Polri kami pada prinsipnya stand by on port. Kita juga ada 8 titik di wilayah Armada 3, sudah kita siapkan semuanya termasuk 8 unit KRI untuk patroli keamanan laut. Perlu Saya garis bawahi bahwa jajaran TNI AL siap melaksanakan tugas pengamanan dan mensukseskan Pemilu, seraya memohon kepada yang Maha Kuasa agar pelaksanaan Pemilu berjalan lancar dan aman," terang Panglima.

Apel kesiapan tersebut juga dihadiri Kepala Staf Koarmada III Laksamana Pertama TNI Dadi Hartanto, M.Tr. (Han), Komandan Guspurla Koarmada III Laksma TNI P. Rahmat Wahyudi, Komandan Lantamal XIV Sorong Brigjen TNI (Mar) Hermanto, dan para pejabat utama Komando Armada III, Pasmar-3, dan Lantamal XIV Sorong.*