KPU Siapkan TPS Khusus untuk Penyandang Disabilitas

Salah satu penyandang disabilitas di Kota Jayapura yang ikut sosialisasi pencoblosan surat suara di halaman kantor Walikota Jayapura beberapa waktu lalu/Andy

JAYAPURA – Keinginan ratusan penyandang disabilitas di Kota Jayapura untuk memilki TPS khusus pada Pemilu 17 April mendatang bakal terealisasi. Hal ini sejalan dengan pernyataan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Papua Theodorus Kosay bahwa pihaknya akan menyediakan Tempat Pemungutan Suara (TPS) khusus bagi masyarakat penyandang disabilitas di Kota Jayapura.

“Kami akan mengakomodir pemilih disabilitas dan akan kami buatkan TPS khusus untuk mereka," kata Theodorus Kosay kepada wartawan di Kota Jayapura, Kamis (11/4) siang.

Bahkan kata Theodorus, apabila penyandang disabilitas tidak bisa datang ke TPS, maka petugas TPS akan menjemput yang bersangkutan dari rumah.

“Kalau ada penyandang disabilitas yang tidak bisa datang ke TPS, maka petugas kita akan menjemput mereka. Atau petugas TPS akan membawa sejumlah kertas suara untuk dicoblos di rumah masyarakat tersebut,” jelasnya.

Dikatakan, saat ini pihaknya sementara berkoordinasi dengan KPUD Kota Jayapura agar disediakan TPS khusus bagi para penyandang disabilitas.

“Untuk lokasinya kami belum tahu karena kami harus mengecek di wilayah mana yang penyandang disabilitas banyak. Tapi kalau terpisah-pisah juga tidak apa-apa. Petugas akan siap menjemput maupun megantarkan mereka,” ujarnya.

Disinggung masih banyaknya penyandang disabilitas yang belum masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), Theodorus Kosay mengatakan, kini pihanya tengah bekerja agar mereka bisa mendapatkan hak pilih pada 17 April.

"Untuk Kota Jayapura itu ada sekitar 700 orang, tapi yang masuk DPT sampai saat ini baru 162 orang, sehingga kita akan cek lagi apakah sudah terdaftar atau belum,” tandasnya. *