Bandara DEO Kembali Buka Rute Perintis

[9/4 16:38] Ola Sorong: Kabandara (tiga kanan) memotong pita sebagai tanda peresmian penerbangan perintis / ola [9/4 16:38] Ola Sorong: Kabandara DEO saat memberikan sambutan penerbangan perdana perintis/Ola

SORONG-Bandara Domine Eduard Osok (DEO) Sorong, mulai hari ini (9/4), kembali membuka rute perintis bagi masyarakat di wilayah Sorong Raya.

Peresmian pembukaan penerbangan perintis perdana tahun 2019 dilakukan oleh Kepala Bandara DEO, Rasburhany. Dalam keterangannya, Rasburhany mengatakan setelah melewati 3 kali pelelangan, kegiatan perintis oleh maskapai Susi Air, akan melayani 6 rute penerbangan yaitu Sorong - Teminabuan, Sorong - Ayawasi, Sorong - Inanwatan, Teminabuan - Inanwatan,  Sorong - Werur dan Waisai - Kabare.

Pembukaan penerbangan perintis di tahun 2019 ini menurutnya bertujuan untuk memenuhi kebutuhan transportasi masyarakat yang sulit ditempuh oleh transportasi lain, meningkatkan perekonomian daerah maupun pariwisata.

Selain itu, Rasburhany juga akan melakukan evaluasi terhadap 6 rute penerbangan tersebut untuk efisiensi anggaran dan ketepatan sasaran. Dimana penerbangan yang minim penumpang akan dialihkan ke rute yang padat penumpangnya.

"Kami harap yang meggunakan penerbangan subsidi ini, benar-benar masyarakat. Kalau pemerintah, Kami sarankan untuk carter. Kami berharap masyarakat dapat mempergunakan ini sebaik-baiknya dan dapat memenuhi target," ujar Rasburhany.

Salah satu penumpang, Imran mengaku sangat senang, rute penerbangan Sorong - Teminabuan sudah kembali beroperasi dengan harga tiket Rp. 275.000 per orang.
Dengan dibukanya kembali rute penerbangan, kebutuhan menggunakan transportasi udara dapat menjadi salah satu alternatif transportasi.*