Seruan Gubernur Papua dan Papua Barat Kepada Masyarakat Untuk Komitmen Jaga Alam

Gubernur Papua, Lukas Enembe dan Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan menyerukan komitmen untuk menjaga alam guna menghindari bencana. Seruan disampaikan dalam acara silahturami di Gedung Negara, Dok V Jayapura, Jumat (5/4) malam/Istimewa

JAYAPURA —Gubernur Papua, Lukas Enembe dan Papua Barat, Dominggus Mandacan bersilahturami di Gedung Negara, Dok V Jayapura, Jumat (5/4) malam. Pada kesempatan itu, kedua gubernur mengajak seluruh masyarakat di Tanah Papua berkomitmen bersama pemerintah daerah  dalam menjaga alam guna menghindari bencana.

“Kami menyerukan kepada seluruh masyarakat di Tanah Papua, kita jaga alam, alam jaga kita,” seru Gu Gubernur Papua Lukas Enembe, dan Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan.

Dalam acara silahturami tersebut, didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Papua  Hery Dosinaen, dan Sekda Papua Barat Nataniel D. Mandacan.

Gubernur Lukas dalam sambutannya mengatakan, seruan ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan dengan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), 31 MAret 2019 lalu menyikapi bencana banjir bandang di Sentani Kabupaten Jayapura, 16 Maret 2019 yang menewaskan 115 orang.

“Selamat datang di Provinsi kakatua, selamat menikmati Kota Jayapura. Nanti kita akan bicarakan soal penanganan bencana. Intinya, kita jaga alam, alam jaga kita. Ini kita jadikan gerakkan bersama masyarakat Papua untuk mencegah bencana,” kata Lukas.

Di hadapan Gubernur Mandacan, Lukas juga menjelaskan bahwa saat ini Pemerintah Provinsi Papua sedang giat-giatnya mempersiapkan diri mejadi Tuan Rumah PON XX Tahun 2020. Lukas mengatakan, sempat ada keinginan agar Papua Barat pun dilibatkan menjadi tuan rumah bersama. 

“Tapi aturan, Undang-Undang tidak memungkinkan,” kata Lukas Enembe.

Satu Untuk Dua

Sementara itu Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan berterima kasih atas sambutan bagi dirinya dan rombongan oleh Gubernur Papua dengan jamuan makan malam penuh persaudaran.

“Saya teringat motto dari Gubernur Suebu dulu saat bertemu Gubernur Abraham di Mansinam beberapa tahun lalu bahwa walau kita berbeda provinsi, kita satu untuk dua, dan dua untuk satu. Kehadiran saya di Jayapura selain menyerahkan banguan di Sentani, juga sekaligus reuni. Saya dulu sekolah di SD Negeri Entrop. Saya juga alumni SMP Negeri Polimak, SMA Gabungan dan APDN Yoka,” ungkap Mandacan

Pada kesempatan itu, Gubernur Mandacan atas nama pemerintah dan seluruh masyarakat di Provinsi Papua Barat menyampaikan turut berduka cita sedalam-dalamnya bagi korban banjir bandang yang terjadi di Sentani, Kabupaten Jayapura.

“Tadi pagi kami sudah ketemu Bupati Jayapura di Sentani dan kami serahkan bantuan berupa dana, bahan makanan, Alkitab, Alquran, juga paket buku untuk anak-anak sekolah. Ada Bupati Manokwari dan Walikota Sorong. Kami sempat tanam matoa di daerah Kemiri,” katanya.

Hadir dalam acara silahturami itu, Ibu Gubernur Papua Yulce Wenda Enembe dan  Ibu Gubernur Papua Barat, sejumlah bupati di Provinsi Papua, di antaranya Bupati Sarmi, Mimika, Kepulauan Yapen, Mamberamo Raya dan Keerom serta sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemprov Papua.