Lukmen dan Josua Resmi Jadi Peserta Pilgub Papua 2018

Pasangan Lukas Enembe - Klemen Tinal (Lukmen) foto atas, John Wempi Wetipo - Habel Melkias Suwae (HMS) foto bawah/Ist

JAYAPURA, - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua secara resmi menetapkan pasangan Lukas Enembe - Klemen Tinal dan John Wempi Wetipo - Habel Melkias Suwae, sebagai calon peserta Pemilihan Gubernur Papua 2018. Penetapan ini berdasarkan surat Keputusan KPU Papua nomor 28/PL.03.1/91/Kpt/Prov/II/2018

Rapat Pleno Terbuka Penetapan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur, berlangsung di kantor KPU Provinsi, Selasa (20/2) siang. Hadir dalam acara penetapan, pasangan calon John Wempi Wetipo - Habel Melkias Suwae, dan calon Wagub Petahana, Klemen Tinal. Sementara calon Gubernur petahana, Lukas Enembe tidak hadir dikarenakan sedang berada diluar kota. Turut hadir pula, para tim sukses dan koalisi dari kedua pasangan calon.

Ketua KPU, Adam Arisoy menyatakan, setelah penetapan selanjutnya Rabu (20/2) besok akan dilakukan pencabutan nomor urut peserta.

"Dalam pencabutan nomor urut, kita sudah siap besok dilaksanakan di halaman kantor KPU," ujar Adam kepada pers usai Penetapan.

Terkait jadwal kampanye, Adam yang didampingi komisioner lainnya yakni Musa Sombuk, Beatrix Wanane, Izack Hikoyabi dan Tarwinto,  mengakui memang mengalami keterlambatan. Sejatinya, jadwal kampanye secara nasional telah dimulai sejak 15 Februari lalu.

 "Karena adanya penundaan  dari MRP terkait verifikasi orang asli Papua, ini mempengaruhi semua jadwal. Tapi kami sudah rapat dengan tim sukses dan semua koalisi. Tentunya ini dengan sendirinya mempengaruhi semua jadwal, tim sukses masing masing paslon sehingga besok kami akan rapat untuk selesaikan jadwal kampanyenya," aku Adam.

"Saya harap tidak ada masalah lagi sejak hari ini kita tetapkan sebagai pasangan calon gubernur," sambungnya.

Berhubung hari minggu tidak terhitung dalam jadwal kampanye, namun lanjut Adam, ini tidak akan menjadi masalah. Meski jadwal kampanye menjadi berkurang.

Lukas Enembe - Klemen Tinal merupakan pasangan petahana yang diusung koalisi gemuk berjulukan Papua Bangkit Jilid II. Setidaknya ada 9 partai yang mendukung pasangan yang kerap disapa Lukmen ini, antara lain partai Demokrat, Golkar, Hanura, PKB, PAN, PKS, Nasdem, PKPI dan PPP. Sedangkan pasangan John Wempi Wetipo dan Habel Melkias Suwae atau pasangan Josua didukung tiga partai besar yakni PDIP, Gerindra dan Perindo (non seat) di DPRP.  [Riri]