Freeport  Indonesia Distribusikan Bantuan Obat Bagi Korban Banjir Bandang

Penyerahan secara simbolis bantuan obat-obatan dan bahan habis pakai PTFI dari Ketua Tim Distribusi Bantuan Kemanusiaan PTFI, Anto Mulyanto yang diterima oleh Pungut Sunarto SKM Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura/Istimewa

JAYAPURA-PT Freeport Indonesia (PTFI ) sejak Minggu (17/3) hingga hari ini  secara terus-menerus mengirim dan mendistribusikan berbagai jenis obat  dan bahan habis pakai sebagai bagian dari paket bantuan kemanusiaan bidang kesehatan  bagi para korban bencana alam banjir bandang yang menimpa  banyak wilayah di Kabupaten Jayapura, Papua pada Sabtu (16/3) lalu.

Penyerahan bantuan paket obat-obatan dan bahan habis pakai (BHP) yang didatangkan dari Timika dengan menggunakan pesawat Airfast itu, dilakukan Tim Relawan PTFI dan diterima  oleh Pungut Sunarto selaku Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit (P2)  Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura.  Penyeran bantuan di Posko Induk Bencana Alam Banjir Bandang yang terletak di komplek Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani,  Minggu,

“Kami telah menerima secara resmi  dari pihak  PTFI   bantuan obat-obatan dan bahan habis pakai, sedangkan satu vaksin akan diserahkan besok Senin karena vaksin tersebut  membutuhkan perlakuan khusus,”kata Sunarto.

Adapun jenis bantuan obat-obatan dan bahan habis pakai tersebut tertulis  dalam daftar  resmi  terdiri atas sebelas halaman kertas khusus yang diserahkan  bersamaan dengan paket bantuan  disaksikan para pengungsi korban banjir bandang yang sempat berada di sekitar Posko  Induk,   berbagai kelompok masyarakat  yang datang membawa bantuan serta petugas Posko  Instalasi  Farmasi  Dinkes Kabupaten Jayapura.

“PTFI juga dalam memberikan bantuan kemanusiaan kepada para korban banjir bandang, tidak hanya obat-obatan dan bahan habis pakai tetapi juga menerjunkan Tim Kesehattan PTFI. Tim kesehatan ini sudah bekerja di tengah para korban banjir sejak pekan lalu hingga batas waktu yang akan ditentukan oleh Manajemen PTFI sendiri,” katanya.

Sunarto mengatakan, obat-obatan dan bahan habis pakai serta vaksin yang disumbangkan PTFI benar-benar memiliki kualitas prima, apalagi, perusahaan tambang tembaga, perak dan emas  yang telah 50 tahun lebih beroperasi di Tanah Papua, sudah terbiasa memberikan  bantuan obat-obatan dan bahan habis pakai ke berbagai lokasi bencana alam di Indonesia sehingga mereka sangat paham. Jenis obat-obatan dan bahan habis pakai apa yang pantas diberikan kepada para korban bencana alam.

Begitu pula, Tim Kesehatan yang diterjunkan ke lokasi bencana alam untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada para korban adalah tim yang sudah berpengalaman atau punya jam terbang yang diandalkan.

“Untuk korban bencana alam di daerah lain saja, PTFI benar-benar memberikan perhatian dan bantuan yang terbaik  apalagi di Tanah Papua yang merupakan wilayah operasi  dari salah satu perusahaan tambang mineral tembaga, perak dan emas terbesar  di dunia ini. Ini membuktikan bahwa PTFI senantiasa ada bersama dan berkarya untuk  masyarakat Papua yang menderita,”katanya. *