Dr. Rumaseuw Ajak Anak Muda Papua Barat Berwirausaha

Rosaline Rumaseuw mendapat penghargaan dari Wirausaha Muda Nusantara di Manokwari Papua Barat/Albert

MANOKWARI- Dokter Rosaline Irene Rumaseuw menjadi pembicara di kegiatan seminar Nasional Wirausaha Muda Nusantara (Wimnus) yang berlangsung di Swissbell Hotel Manokwari, Rabu (20/3).

Kegiatan yang langsung dihadiri ketua umum Wimnus, Mr. Safeii Efendi patut diapresiasi, karena menjadi motivator dunia yang berkesempatan hadir di tengah mahasiswa/i, pelajar dan pelaku usaha muda di Manokwari Papua Barat.

Menurut Rumaseuw, pria berusia 27 tahun itu adalah anak muda yang memiliki jam terbang di dalam dan luar negeri. Dengan motivasi seorang Efendi sangat dibutuhkan bagi kemajuan anak Papua Barat yang bergerak di bidang wirausaha.

Untuk itulah Rumaseuw mengajak anak muda Papua Barat, khusus di Manokwari harus mandiri berwirausaha seperti Efendi. Kenapa demikian, karena kemandiriannya itu membawanya dalam segala aspek untuk memajukan anak bangsa.

"Anak muda Papua harus bisa menjadi seorang wirausaha yang mampu membuat perubahan di bidang usaha ekonomi, sebab kalau anak muda Papua tidak bisa berkembang, maka sangat disayangkan karena peluang usaha akan dibawa orang lain," kata Rumaseuw.

Oleh karena itu, Rumaseuw mengajak anak muda Papua Barat harus lebih kreatif dan berinovatif, karena sumber daya alam (SDM) Papua Barat begitu besar, maka gunakan skil yang ada untuk dikelola menjadikan uang.

Lanjutnya, kalau SDA tidak dikelola secara pasti dan tidak mandiri, maka sangat rugi dengan kemampuan anak muda Papua saat ini.

Ditanya tentang modal usaha bagi generasi milenial dalam berwirausaha, saran Rumaseuw, anak muda jangan mau kalah bergaul dengan orang yang memilki kemampuan dalam bidang usaha, bisnis dan lain sebagainya.

"Jadi, ketika anak muda ingin maju, maka tidak usah berdiam diri, namun terus membangun diskusi dengan siapa saja agar mendapat pengetahuan yang mampu menjadi seorang wirausaha mandiri," ucap Rumaseuw.

Satu hal yang ditekankan Rumaseuw bahwa jangan sampe anak muda terlena dengan situasi terkini dan mudah terpancing isu hoax di media sosial dan lingkungan tempat anak muda tinggal, tapi anak muda Papua Barat harus percaya diri memajukan usaha mandiri di Papua Barat. *