Inilah Agenda Anggota MRP Pokja Perempuan Selama di Jakarta

Anggota DPD RI Sofia Maipauw, SH/Istimewa

MANOKWARI- Anggota DPD RI Sofia Maipauw, SH mendampingi dan memfasilitasi kunjungan kerja Pokja Perempuan Majelis Rakyat Papua (MRP) Provinsi Papua Barat di Jakarta. Inilah agenda anggota MRP Pokja perempuan selama di Jakarta.

Pertama, Kunjungan anggota MRP Pokja perempuan akan dengar pendapat dengan Komnas Perempuan (Kompas) tentang potret konsentrasi kerja Kompas terhadap isu perempuan di Papua Barat, yang mana diharapkan ke depan ada kerjasama dan berkolaborasi program Kompas dengan MRP untuk pemberdayaan perempuan Papua di Provinsi Papua Barat.

Kedua, pertemuan dengan beberapa Kementerian terkait untuk membahas beberapa program yang nanti langsung didorong bersama agenda kerja Pokja perempuan MRP.

Tiga, pokja perempuan akan kunjungan kerja ke kampus UKI Jakarta untuk advokasi beberapa persoalan yang dialami oleh mahasiswa Papua yang ada di Jakarta.

Menurut anggota DPD RI Sofia Maipauw, advokasi persoalan yang dialami mahasiswa Papua, MRP memastikan penggunaan dana otsus tepat sasaran untuk pembinaan dan input bagi indikator keberhasilan pendidikan.

Sebab, Sofia mencontohkan, saat evaluasi indikator pendidikan dalam keberhasilan otsus, terdapat satu Universitas Swasta Kristen yang bertaraf internasional di Papua. MRP disarankan monitoring melalui Dinas Pendidikan, apakah sudah memberikan beasiswa bagi anak-anak asli Papua atau tidak.

"Jadi, Pokja perempuan MRP ini sekaligus kita mensosialisasi mereka di Kementerian dan kampus untuk mendapat dukungan moril serta membuka wawasan mereka agar dalam masa periode ini tetap fokus pada tugas kerja sesuai tupoksi," kata Sofia melalui pesan whatsapp, Rabu (20/3/2019).

Dia menambahkan, pada 20 Maret hari ini, Pokja perempuan MRP akan diterima Rektor UKI Jakarta sekaligus tatap muka bersama mahasiswa Papua disana, selanjutnya pada tanggal 21 Maret bertemu Komnas Perempuan, dan tanggal 22 Maret 2019 bertemu Kementerian PPPA. *