Rem Blong, Pesawat Hilang Kendali dan Hantam Tumpukan Batu di Bandara Puncak

Kondisi pesawat PK-DPT jenis caravan milik Dabi air PT. Nusantara yang tergelinci dan menabrak tumpukan batu di ujung Runway bandara Aminggaru Ilaga, Distrik Omukia Kab. Puncak/istimewa

JAYAPURA – Diduga mengalami kerusakan pada bagian rem (rem blong) serta kondisi landasan pacu licin, pesawat PK-DPT jenis caravan milik Dabi air PT. Nusantara tergelinci dan menabrak  tumpukan batu yang berada di ujung Runway Bbandara Aminggaru Ilaga, Distrik Omukia Kabupaten Puncak, Senin (11/3) pagi pukul 07.51 WIT.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol AM.Kamal menerangkan dalam insident itu pesawat pesawat PK-DPT jenis caravan milik Dabi air PT. Nusantara mengalami kerusakan cukup parah dibagian baling-baling depan, namun tidak ada korban jiwa maupun korban luka-luka.

“Kondisi pesawat rusak berat pada bagian balik-baling, sedangkan kondisi Pilot Capt. Jhuda A. dan Co Pilot Dendi Anugrah dalam keadaan sehat tanpa mengalami cedera cukup parah,” jelasnya, Senin (11/3) siang.

Ia menerangkan kejadian pukul 07.51 WIT, dimana pesawat PK-DPT jenis caravan milik Dabi air PT. Nusantara yang dipiloti oleh Capt. Jhuda A. berangkat dari bandara Moses Kilangin Timika menuju ke Bandar Udara Aminggaru Ilaga Distrik Omukia Kabupaten Puncak membawa Logistik atau Bahan makanan. Ketika hendak landing pesawat tersebut Over Runway (Inciden Report) karena rem tidak berfungsi ditambah dengan kondisi bandara licin/basah yang mengakibatkan pesawat menabrak tumpukan batu yang ada di ujung landasan.

“Saat ini pesawat masih berada di ujung runway Bandara Ilaga, masih dalam proses evakuasi oleh pihak otoritas Bandara Ilaga, Kabupaten Puncak,” jelasnya.

Ia menerangkan saat ini Pilot Capt. Jhuda A. dan Co Pilot Dendi Anugrah telah berada di Timika dimana sebelumnya keduanya telah dimintai keterangan oleh pihak perhubungan udara Kabupaten Puncak.

”Capt. Jhuda A. dan Co Pilot Dendi Anugerah selesai dimintai keterangan oleh pihak perhubungan udara dan selanjutnya keduanya kembali ke Timika dari bandara Aminggaru Ilaga Kab. Puncak dengan menggunakan Pesawat Dabi Air PK-DPW,” jelasnya. *