Sepakati Kerjasama, Jalan Trans Manokwari, Bintuni dan Wondama Mulai Dikerjakan Bertahap

Jalan trans Papua Barat yang menghubungkan Kabupaten Manokwari, Manokwari Selatan, Teluk Bintuni dan Teluk Wondama/Albert

MANOKWARI- Jalan trans Papua Barat yang menghubungkan Kabupaten Manokwari, Manokwari Selatan, Teluk Bintuni dan Teluk Wondama ternyata sudah ada kesepakatan untuk pengerjaannya.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Papua Barat F.H Runaweri menanggapi kondisi jalan yang rusak itu. Ia mengatakan, tidak lagi ada klaim dari pihak perusahaan tentang jalan tersebut.

Menurut Runaweri bahwa sudah ada pertemuan rutin bersama pihak Balai Jalan, Perusahan untuk perjanjian kerjasama. Katanya, sudah ada separuh jalan di Teluk Bintuni-Manokwari Selatan yang diaspal, separuh lagi belum diaspal dan nantinya akan dikerjakan bersama.

Pertemuan sebelumnya belum ada kesepakatan, sebab pimpinan perusahan yang beroperasi tidak hadir, namun pada Februari 2019 lalu sudah ada kesepakatan di Jakarta.

"Di jalan trans Papua Barat Manokwari, Manokwari Selatan, Teluk Bintuni dan Teluk Wondama terdapat tiga perusahaan yang beroperasi. Namun dari pertemuan rutin yang dilaksanakan tahun 2018 lalu dan 2019 sudah terjadi kesepakatan bersama yang dibuat dalam perjanjian kerjasama," ujar Runaweri, Jumat (8/3/2019).

Proses pekerjaan dari pihak Balai Jalan sudah bisa dilaksanakan, namun tidak sekaligus dan akan bertahap. Secara khusus di Windesi ke Teluk Wondama akan dikerjakan bertahap dari tahun ini. Sebab di sana baru jembatan yang sementara dikerjakan.

Saat dilakukan perjanjian kerjasama pihak Kehutanan, Staf Kepresidenan hanya sebagai saksi dalam perjanjian kerjasama dimaksud. Sebab yang memiliki kerjasama adalah pihak Balai Jalan dan Perusahaan. *