Menuju PON XX, Provinsi Papua Siapkan 1.000 Atlet

Sekretaris Umum KONI Provinsi Papua, Kenius Kogoya/Djarwo

JAYAPURA - Provinsi Papua sudah menyatakan kesiapannya menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 mendatang, mulai dari pembangunan venue-venue hingga persiapan atletnya.

Sekretaris umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Papua, Kenius Kogoya menyebutkan jika pihaknya telah mempersiapkan sekitar 1000 atlet untuk mengikuti PON XX.

"Khusus untuk atlet kita, KONI Papua hitung ada sekitar 1000 atlet yang kita persiapkan," jelasnya kepada sejumlah wartawan di Jayapura, Senin (04/03).

Selain itu, Kenius mengatakan bahwa KONI Papua dalam waktu dekat akan mencanangkan program pemusatan latihan (TC) bagi tiap cabang olahraga.

Namun sampai saat ini pihaknya masih menunggu 8 cabang olahraga yang belum memastikan atletnya seperti sepak bola, basket, voli dan beberapa cabor lainnya.

"Rencana pencanangan TC itu kita masih menunggu cabor lainnya yang atletnya belum kelar, ada sekitar 8 cabor lagi yang belum memastikan atlet termasuk di dalamnya seperti basket, sepak bola, galanita, voli dan beberapa C cabor lainnya," ujar Kenius.

Pihaknya berharap agar persiapan atlet dari masing-masing cabor itu sudah harus rampung, mengingat TC sendiri dijadwalkan akan dicanangkan mulai Maret ini.

"Itu yang harus dipastikan secepatnya agar kita bisa melakukan pencanangan paling lama dalam bulan ini, kalau belum lagi maka pencanangan ini bisa bergeser ke awal April. Tapi intinya kita tetap akan jalankan TC dalam waktu dekat," tandasnya. *