Si Pembunuh Tim Thailand U-22  Buat Bangga Masyarakat Papua Dan Indonesia

Edison Sebastian Haay dan Suzana Boanitawati/Roberth

JAYAPURA-Winger tim nasional (timnas) Indonesia U-22, Osvaldo Haay, tidak bisa menutupi rasa senangnya setelah berhasil membawa timnya menjuarai Piala AFF U-22 2019. Indonesia berhasil menjadi juara setelah menaklukkan Thailand U-22, skor 2-1, pada laga final di Stadion Nasional Olimpiade, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (26/2) malam.

Osvaldo adalah pencetak gol kedua Indonesia di laga ini. Sebelumnya, Indonesia sempat tertinggal lebih dulu dari Thailand pada menit ke-58, lewat gol Saringkan Promsupa. Namun semenit berselang skuat Garuda Muda mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1, lewat tendangan Sani Rizki Fauzi yang sempat membentur badan Marco Ballini.

Osvaldo mencetak gol kemenangan Indonesia melalui sundulannya pada menit ke-64, dengan memaksimalkan umpan tendangan bebas Muhammad Luthfi Kamal Baharsyah. Ia membunuh Tim Thailand.

Kemenangan ini menjadi kado bahagia juga bagi  Edison Sebastian Haay (55)  ayah  Osvaldo Ardiles Haay  saat ditemui, Rabu (27/2) pagi  di rumahnya kompleks Hamadi Lapangan, Kelurahan Hamadi, Kota Jayapura, Papua.

"Sa (saya) sebagai orang tua, sa sangat bangga Osvaldo bisa menjadi penentu kemenangan bagi Timnas U-22  hingga Tim Indonesia meraih juara. Ini membanggakan masyarakat Papua dan Indonesia,"ujarnya didampingi Suzana Boanitawati (42) dan Jefry Haay, serta adik bungsunya Jeremiah Denilson Haay. 

Ia berpesan  agar Osvaldo Ardiles Haay tetap merendahkan diri dan tak perlu jumawa dan pandai-pandai membawa diri dan bergaul.  “Ia bisa cetak gol tentunya berkat rekan-rekan dalam timnya dan jajaran pelatih,”ujarnya .Suzana ibunda Osvaldo pun bangga anaknya bisa memberikan kontribusi yang positif dalam timnas U-22. *