WWF dan Uncen Tandatangan MoU Penelitian Ilmiah

Penandatangan MoU antara WWF-Indonesia program Papua dengan Fakultas MIPA Universitas Cenderawasih/Andy

JAYAPURA - Universitas Cenderawasih menandatangani nota kesepahaman dengan World Wide Fund for Nature (WWF-Indonesia) Program Papua, Selasa (26/2) pagi.

Northern Papua Landscape Manager WWF-Indonesia program Papua, Roki Aloisius, mengungkapkan, penandatangan MoU ini untuk melanjutkan kerjasama umyang sudah berlangsung sebelumnya.

"Sebelumnya sudah ada kerjasama dengan Uncen, namun masa waktunya telah habis, sehingga hari ini kita kembali menandatangani kesepakatan yang baru," kata Roki usai penandatanganan MoU di Fakultas MIPA Universitas Cenderawasih Selasa (26/2) pagi.

Dikatakan, nota kesepahaman yang baru ditandatangani meliputi kerjasama di bidang penelitian ilmiah, pengembangan masyarakat, dan perlindungan serta pemberdayaan sumber daya alam.

"MoU ini dititikberatkan pada penelitian yang berkaitan dengan Sumber Daya Alam (SDA) di Papua, kemudian program pengembangan masyarakat seperti pengembangan Ekowisata, perlindungan satwa, dan sebagainya," ujar Roki.

Selain itu kata Roki, penandatangan MoU ini agar WWF dan Uncen dapat bersinergis dalam berbagai upaya perlindungan dan pengelolaan sumber daya alam di Papua melalui kegiatan pendidikan, penelitian maupun kerja-kerja di masyarakat.

"Dengan kerjasama ini, ke depannya diharapkan bermunculan banyak kader-kader konservasi yang siap bekerja untuk menjaga Sumber Daya Alam di Tanah Papua," ujarnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas MIPA Universitas Cenderawasih, Dirk Runtuboy mengatakan, nota Kesepahaman ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sumber daya yang dimiliki masing-masing pihak untuk mengembangkan kegiatan penelitian untuk kemajuan masyarakat.

"Dengan kerjasama ini memungkinkan kita untuk praktek mahasiswa atau riset bersama, sehingga kita bisa mencapai visi fakultas MIPA yaitu menjadi lembaga pendidikan yang berkualitas dan unggul di kawasan timur Indonesia dan Asia Pasifik dalam penyelenggaraan Matematika, Sains Dasar, serta mengembangkan IPTEK inovatif berwawasan lingkungan," ungkapnya.

"Selain itu, nota kesepahaman ini memberikan ruang sekaligus amanat bagi Universitas Cenderawasih dalam menerapkan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat," tandasnya. *