Tiga Kontainer Surat Suara Tiba dan Dibongkar di Pelabuhan Manokwari

pembongkaran surat suara dari kontainer dijaga ketat aparat di Pelabuhan Manokwari/Albert

MANOKWARI- Tiga kontainer berisi kertas suara pemilihan umum (Pemilu) Presiden dan Wapres, DPRD, DPR RI dan DPD RI telah tiba di Manokwari Raya dan dibongkar di Pelabuhan Manokwari, Senin (25/2/2019) siang.

Setelah dibongkar, surat suara dibawa ke Kantor Pos Manokwari untuk disortir. Sedangkan satu kontainer dibawa ke KPUD Manokwari.

Kepala KSKP Manokwari AKP Christian Masela menjelaskan bahwa kertas suara yang sudah dipaket dan masih tersegel tiba di Pelabuhan Laut Manokwari pada Minggu (24/2/2019) malam. Lalu polisi amankan hingga Senin siang dibongkar dengan penjagaan ketat.

Pengamanan polisi diperketat sejak pembongkaran kontainer hingga nanti pendistribusian kertas suara ke 5 KPU (komisi pemilihan umum) masing-masing KPU Manokwari, Manokwari Selatan, Pegunungan Arfak, Teluk Bintuni dan Wondama.

Divisi Teknis KPU Papua Barat Paskalis Semunya menjelaskan bahwa kertas suara didistribuksikan ke Manokwari, Mansel dan Pegaf.

Sedangkan untuk Teluk Bintuni dan Teluk Wondama akan disesuaikan dengan akomodasi angkutan, misalnya ke Wondama akan menggunakan transportasi laut dan Teluk Wondama menggunakan transportasi darat.

"Untuk kertas suara yang didistribusi sesuai Daftar Pemilih Tetap (DPT) 472.801 ribu se-Papua Barat, termasuk surat suara 2 persen cadangan sudah disiapkan," ungkap Paskalis. *