Ganja

Ketahuan Bawa Ganja Seorang Pemuda Bersembunyi di Toilet Wanita

Ganja yang diamankan/Cholid

JAYAPURA,-Hendak menyeludupakan ganja kering siap edar di Pelabuhan  Laut Jayapura dengan menggunakan Kapal Motor (KM) Gunung Dempo dengan tujuan kabupaten Nabire, seorang remaja berinisial SJK (19) diamankan anggota Polsek KPL, Minggu (18/4) pagi.

Pelaku ditangkap saat bersembunyi didalam kamar mandi diarea pelabuhan Laut Jayapura, setelah mecoba malarikan diri dari pengejaran Polisi saat kedapatan membawa ganja didalam sebuah tas ransel.

Dari tangan pelaku, Polisi berhasil mengamankan ganja kering yang akan diedarkan di Kabupaten Nabire sebanyak 4,5 kilogram kering yang sudah dikemas didalam karung berukuran sedang sebanyak 3 bal, serta 36 plastik berukurang besar yang dihargai Rp 1 juta per plastiknya.

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Laut Jayapura, Iptu Joko Prayogo S.Sos ketika ditemui di Mapolsek KPL mengungkapkan pelaku ditangkap saat petugas melakukan giat pemeriksaan penumpang naik di area pelabuhan dan mencurigai barang bawaan pelaku.

“Saat melaksanakan pemeriksaan di Kanopi jalur pintu pemeriksaan tiket, pelaku hendak melintas, karena curiga dengan barang bawaan pelaku, kami melakukan pemeriksaan dan mendapati ganja kering didalam tas ransel miliknya,”ungkap Joko,Minggu (18/3) pagi.

Kata Joko, saat kedapatan membawa ganja pelaku sempat melarikan diri namun berhasil ditangkap setelah bersembunyi didalam toilet penumpang diareal pelabuhan laut Jayapura.

“Pelaku ditangkap setalah anggota KPL bersama security PT Pelindo mengecek pelaku didalam kamar mandi wanita  didalam terminal tunggu penumpang dan selanjutnya pelaku kami amankan di Mapolsek KPL,” jelasnya.

Lanjut Joko, dari hasil pemeriksaan sementara pelaku mengakui barang itu bukan miliknya melainkan milik seseorang yang dititipakn kepadanya untuk dibawa ke Kabupaten Nabire.

“Ya setiap pelaku yang kita tangkap karena bawa ganja selalu saja bilang ganja itu bukan miliknya, tapi kasus ini akan di kembangkan oleh Sat Narkoba Polres Jayapura Kota karena kita nanti akan limpahkan kasus ini,”ucapnya.

Dirinya pun menambahkan dengan pengungkapan kasus penyeludupan ganja ini, pihaknya dalam kurun waktu tiga bulan sudah berhasil menggagalkan penyeludupan ganja kering di pelabuhan laut Jayapura sebanhyak 4 kasus dengan empat ornag pelaku. *