Tingkatkan Pelayanan di Papua, PT. Semuwa Aviasi Mandiri Tambah Armada Pesawat

Pesawat Caravan dengan nomor registrasi PK - SNH yang didatangkan PT. Semuwa Aviasi Mandiri/Istimewa

SENTANI - Guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Papua melalui jasa penerbangan, PT. Semuwa Aviasi Mandiri kembali mendatangkan satu unit pesawat jenis caravan ke Sentani, Kabupaten Jayapura.

"Tujuan kami mendatangkan pesawat ini adalah untuk melayani masyarakat Papua dan membuka keterisolasian di wilayah pegunungan Papua," kata Owner PT. Semuwa Aviasi Mandiri, Wagus Hidayat kepada wartawan di Sentani, Jumat (15/2) pagi.

Dikatakan, dengan bertambahnya pesawat ini, maka akan menambah 3 armada pesawat yang sudah ada yakni pesawat twin Otter seri 300 berkapasitas 18 penumpang.

"Pesawat ini akan menambah armada yang sudah ada dan membantu penerbangan rute Sentani - Mulia, Sentani - Mamberamo Raya. Wamena - Kenyam, Wamena - Mulia, Wamena - Sinak, dan Timika - Ilaga, Timika - Enarotali, Timika - Sugapa," terangnya.

Lebih lanjut Wagus menyampaikan, pesawat caravan berkapasitas 9 penumpang ini akan beroperasi awal Maret.

"Rencana kita awal Maret sudah beroperasi. Saat ini kita sementara menunggu perijinan dari Departemen Perhubungan Udara, semoga bisa ijinnya cepat keluar sehingga bisa beroperasi di Papua," imbuhnya.

Lanjut Wagus, pesawat caravan dengan nomor registrasi PK - SNH adalah buatan Canada tahun 2018 yang sebelumnya beroperasi di Kalimantan. 

"Pesawat ini berkapasitas 9 penumpang dan mampu membawa cargo seberat 1 ton. Pesawat ini pabrikan Cesna Canada," terangnya.

Wagus menambahkan, saat ini pihaknya sudah membuka base di Merauke untuk melayani Kepi, Mapi, Asmat dll. *