452 Personil Gabungan Amankan Pertandingan Persipura Melawan Persidago

Foto Ilustrasi

JAYAPURA -Sebanyak 452 Personil gabungan TNI-Polri disiapkan guna mengamankan lanjutan Piala Indonesia babak 32 Leg kedua antara Persipuran versus Persidago Gorontalo di Stadion Mandala Jayapura, Jumat (8/2) sore.

Kapolres Jayapura Kota AKBP Gustav R Urbinas ketika dikonfirmasi melalui Kasubag Humas Polres Jayapura Kota Iptu Jahja Rumra mengungkapkan 452 personil gabungan yang akan dilibatkan terdiri dari POMDAM Kodam XVII Cenderawasih, Polda Papua, Polres Jayapura Kota dan Jajaran bahkan keterlibatan dari TNI Angkatan Laut, guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi sebelum dan sesudah pertandingan nantinya.

“Untuk unsur yang kami libatkan dari Polri baik itu Dalmas, Brimob Polda Papua dan Polres Jajaran sebanyak 312 personil, sedangkan dari rekan-rekan TNI ada 140 terdiri dari Kodim 1701, Marinir Angkatan Laut dan Pomdam Kodam XVII Cenderawasih,” jelasnya.

Kata Jahja, selain perkuatan personil yang dikerahkan untuk pengamanan, pihaknya pun nantinya akan menuturkna kendaraan taktis guna mengantisipias hal-hal yang tidak diinginkan terjadi baik sebelum atau sesudah pertandingan.

“Dalam pola pengamanan kita tidak hanya lakukan perkuatan personil tapi kami turunkan kendaraan taktis seperti barracuda, water canon dan kendaraan pengawalan,” unjarnya.

Mantan Kanit Resrim Polsek Jayapura Selatan ini pun menambahkan untuk system pola pengamanan sendiri jelan pertandingan, personil yang terlibat akan dibagi tugas masing-masing entah itu ada yang standby di samping lapangan hingga diluar arena stadion.

“Untuk anggota nanti kami bagi ada yang jaga di setiap pintu masuk, ada yang stand bay di pinggir lapangan guna mengantisipasi aksi yang tidak diinginkan, bahkan anggota kami pun ada yang mengatus arus lalulintas guna tidak terjadi kemacetan yang dapat mengganggu pengguna jalan lainnya,”tutur Jahja.*