Masyarakat Adat Sentani Bantah Pernyataan Decky Ohee yang Mendukung Capres Prabowo-Sandiaga

Sejumlah Ondofolo yang ada di Sentani Kabupaten Jayapura saat memberikan keterangan pers di Sentani/ Andy
SENTANI - Menyikapi pernyataan Decky Ohee yang mengaku sebagai anak raja dari Papua dan mengatasnamakan rakyat Papua memberikan dukungan kepada Capres 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno, maka sejumlah Ondofolo di Sentani Kabupaten Jayapura membantah pernyataan itu.
 
Kepada pers di Sentani, Rabu (6/2/2019), para Ondofolo yang di wakili oleh Bernard Felle menegaskan, dukungan yang disampaikan oleh Decky Ohee adalah dukungan pribadi dan bersifat subjektif, sebab para Ondofolo tidak mengenal Decky Ohee.
 
" Kami hari ini membantah dan menyangga bahwa pernyataan itu tidak mewakili seluruh orang Papua karena pernyataan itu pernyataan pribadi dan bersifat subjektif. Kami menolak pernyataan itu," tegasnya
 
Menurut Bernard, masyarakat adat yang ada di Papua khususnya wilayah Tabi tidak memiliki sistim pemerintahan raja, sehingga pernyataan mengatasnamakan raja tidak benar.
 
" Kami di Papua tidak mengenal yang namanya sistem raja, tapi lebih pada Kepala Suku atau Ondofolo. Kepala suku atau Ondofolo memiliki otoritas masing-masing, dan satu kampung di kepalai oleh Ondofolo atau kepala suku. Bukan raja," jelasnya.
 
" Kalau pun saudara Decky Ohee menyatakan dukungan seperti itu, maka itu adalah dukungan pribadi dan bersifat subjektif," jelasnya lagi.
 
Alat Politik
 
Untuk itu, ia meminta kepada seluruh pihak untuk tidak menjadikan kelembagaan adat sebagai alat politik untuk Pilpres mendatang.
 
" Kami juga menyampaikan sikap bahwa dari 9 dewan adat suku yang ada di Kabupaten Jayapura, khususnya dewan adat suku Sentani tidak dijadikan alat politik untuk pilpres mendatang," tegasnya.
 
Namun kata Bernard, secara demokrasi anggota masyarakat adat boleh memberikan dukungan kepada salah satu pasangan capres-cawapres.
 
" Hari ini kami ingin menyampaikan bahwa sebagai anggota dari masyarakat adat, kami memberikan dukungan penuh kepada pasangan calon presiden nomor 01 Joko Widodo dan Ma'aruf Amin," ujarnya disambut tepuk tangan para Ondofolo yang hadir.
 
Sebelumnya, Decky Ohee yang menghadiri undangan Capres-cawapres 02 untuk hadir dalam pertemuan alumni perguruan tinggi di Jakarta menyampaikan bahwa masyarakat Papua mendukung Capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.
 
Dalam video berdurasi 2 menit 6 detik yang diunggah ke YouTube, Decky Ohee yang tampil menggunakan mahkota Cenderawasih mengaku bahwa ia adalah anak raja dan mengatasnamakan masyarakat adat mendukung Capres cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.
 
" Papua sudah terlalu lama dibuat main-main, dibuat percobaan oleh para pemimpin terutama yang saat ini. Jadi kami berdiri disini untuk memastikan bahwa pak Prabowo dan pak Sandiaga Uno akan mengawal, akan memastikan bahwa persoalan di Papua akan selesai," ujarnya disambut tepuk tangan hadirin.*