Jelang PON XX, Perbasi Papua Sudah Siapkan Atlet untuk Jalani TC

Ketua Pengprov Perbasi Papua, Ribka Haluk/Wartaplus

JAYAPURA - Menjelang perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua tahun 2020 mendatang, Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) mulai mempersiapkan atletnya untuk menjalani pemusatan latihan (TC).

Tidak hanya itu, Pengprov Perbasi Papua bahkan sudah mengantongi nama-nama atlet untuk mewakili Papua pada Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX tahun 2020.

“Nama atlet sudah ada, kita akan segera serahkan ke Koni Papua, karena Koni akan melaksanakan tes parameter kepada semua calon atlet PON Papua,” ujar Ketua Pengprov Perbasi Papua, Ribka Haluk kepada pers di Jayapura, Senin, (28/01).

Dirinya mengatakan tim teleskoting atau pemandu bakat sudah menjaring atlet pada Kejuaraan Daerah (Kejurda) Bola Basket Papua 2019 yang mulai digelar di Mimika Sport Complex (MSC), Kabupaten, Mimika, pekan lalu.

Kejurda ini merupakan ajang seleksi atlet bola basket putra dan putri, dan atlet yang terpilih akan kita direkomendasikan ke Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Papua untuk selanjutnya mengikuti tes parameter sebelum masuk dalam Training Center (TC).

Ribka kembali menegaskan, Perbasi Papua melakukan seleksi atau panjaringan atlet sesuai mekanisme.

“Saya mau tegaskan bahwa tidak ada praktik KKN dalam menentukan atlet masuk dalam tim PON, kita tidak rektrut atlet di pinggir jalan, atlet yang direkrut sesuai aturan dan mekanisme yang ada," tegasnya.

Ribka Haluk yang juga selaku kepala Dinas Sosial, Kependudukan dan Catatan Sipil Papua ini, juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada ketua umum koni atas dukungan dan bantuannya, sehingga Kejurda Bola Basket Papua 2019, bisa berjalan.

“Saya selaku ketua Pengrov menyampaikan terima kasih kepada Ketum Koni dan Sekum Papua, ada dukungannya,” ujar Ribka.

Selain itu,  katanya, kejuaraan basket yang digelar di Mimika ini sekaligus uji coba venue basket Mimika Sport Complex (MSC).

"Kejurda ini sebagai tes ivent/venue lapangan basket yang akan digunakan pada PON, juga sebagai ajang simulasi bagi Pemkab, KONI dan Perbasi Mimika yang nantinya akan jadi tuan rumah PON XX 2020," pungkasnya.

Diketahui, tuan rumah mimika keluar sebagai juara pertama, diikuti Kabupaten Biak dan Merauke. Dikelompok putri Kabupaten Jayapura keluar sebagai juara pertama, diposisi kedua tuan rumah Mimika. *