Persipura Resmi Dilatih Eks PSM dan Persija Luciano Gomes Leandro

Luciano Gomes Leandro/Istimewa

JAYAPURA - Setelah menunggu beberapa waktu lamanya, manajemen Persipura Jayapura akhirnya mengumumkan pelatih anyar asal Brasil, Luciano Gomes Leandro untuk menukangi Persipura di musim depan.

Pelatih berambut gondrong ini bukan sosok baru di persepakbolaan Indonesia, ia pernah memperkuat PSM Makassar di era 1995 dan menembus final kala itu. Lalu pada musim 2000-2001 ia berhasil meraih trofi juara bersama Persija Jakarta. 

Sementara, karier kepelatihannya di Indonesia dilakoninya saat ia menukangi mantan klubnya, PSM Makassar di musim 2016.

"Untuk menghadapi Kompetisi tahun 2019, kami menunjuk Luciano Gomes Leandro dari Brazil sebagai Pelatih Kepala Persipura Jayapura. Pertimbangan penunjukkan Luciano Leandro adalah dia sangat mengenal sepakbola Indonesia, sehingga kita harapkan dapat dengan mudah beradaptasi," ujar Ketua Umum Persipura, Benhur Tomi Mano (BTM) dalam rilisnya, Selasa (22/01).

Dijelaskan BTM, Luciano akan mulai bergabung bersama tim Persipura di Gorontalo untuk langsung melakukan persiapan jelang babak 32 besar Piala Indonesia menghadapi tuan rumah, Persidago.

"Jumat nanti dia akan berangkat dari Rio de Janeiro ke Jakarta dan selanjutnya menuju ke Gorontalo untuk bergabung dengan tim yang akan bertanding pada tanggal 28 Januari 2019 pada babak 32 besar Piala Indonesia," jelasnya.