Rombongan Kedubes NZ Kunjungi Papua, Tawarkan Beasiswa Untuk ASN

Rombongan Konselor Pembangunan Kedutaan Besar New Zealand (NZ) mengunjungi Papua dan bertemu dengan jajaran Pemerintah Provinsi Papua, Kamis (10/1/2019)/Andi Riri

JAYAPURA- Rombongan Konselor Pembangunan Kedutaan Besar New Zealand (NZ) mengunjungi Papua dan bertemu dengan jajaran Pemerintah Provinsi Papua, Kamis (10/1/2019).

Kunjungan rombongan Kedubes tersebut diterima oleh Sekertaris Daerah Papua, Hery Dosinaen diruang kerjanya. Dalam pertemuan tersebut, pemerintah New Zealand menawarkan sejumlah kerjasama diantaranya di bidang pendidikan berupa beasiswa, kesehatan, pertanian, serta pengelolaan bencana alam dan lingkungan.

Ketua Tim Konselor Pembangunan Kedubes NZ untuk Indonesia, Mehaka Rountree, menjelaskan bahwa langkah untuk mempererat hubungan kerja sama NZ dan Indonesia merupakan tujuan dari pada kunjungan dan pertemuan dengan Pemerintah Provinsi Papua.

“Kunjungan ini dilakukan dengan tujuan untuk mempererat hubungan kerja sama antara NZ dan Indonesia. Secara spesifik kami membuka ruang untuk terus memberikan dukungan bagi pembangunan sumber daya manusia (SDM) Indonesia di berbagai bidang,” ujar Mehaka Rountree.

Dalam hal ini, ungkap Mehaka, negaranya memiliki keahlian dan fasilitas, sehingga berdasarkan hal inilah, pemerintah NZ berinisiatif untuk berbagi keahlian yang dimiliki bersama rakyat Indonesia, termasuk pula rakyat Papua. Dimana akan berdampak positif pada hubungan kerja sama Indonesia – NZ terlihat dari banyaknya pelajar Indonesia, termasuk dari Papua, yang bersekolah di negara yang juga dikenal dengan nama Selandia Baru tersebut.

“Memang NZ memiliki fasilitas kelas dunia di bidang pendidikan, mulai dari tingkat sekolah hingga tingkat universitas. Demikian, merupakan langkah supportive bagi kami kepada Indonesia dalam hal pembangunan SDM. Bahkan, lebih bagus lagi kala lulusan dari NZ bisa kembali ke Indonesia, kembali ke Papua untuk mengaplikasikan ilmu dan pengetahuannya sebagai kontribusi bagi pembangunan Indonesia, termasuk pembangunan Papua,” jelasnya.

Sambut Baik

Sementara itu, Sekertaris Daerah Papua, Hery Dosinaen yang didampingi oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Hukum Sekda Papua, Doren Wakerkwa, dan Karo Perbatasan dan Kerja Sama Luar Negeri, Suzana Wanggai menyambut baik tawaran kerjasama tersebut.

Bahkan akunya, pihaknya dalam waktu dekat akan menginisiasi terjalinnya kerja sama Sister Province antara Pemprov Papua dan NZ.

 

“Kami nanti membangun kerja sama Sister Province dengan NZ. Akan kita koordinasikan lebih jauh bagaimana Pemprov Papua melakukan kunjungan balasan ke NZ dalam merealisasikan kerja sama Sister Province ini,” katanya.

Menyoal tawaran beasiswa untuk ASN? Menurut Hery hal ini patut diapresiasi.

“Kita mengapreasiasi adanya tawaran kerjasama ini terutama soal beasiswa bagi ASN untuk dapat mengikuti pendidikan strata dua bahasa inggris di New Zealand,” ucapnya.

 

Lanjut dijelaskan, ASN yang mempunyai kesempatan mendapatkan beasiswa di New Zealand tentunya harus mempunyai potensi. Untuk pengiriman anak-anak Papua tersebut, Pemerintah Provinsi Papua terlebih dahulu akan melakukan konsolidasi.*