Armada RI Ksatria Pengawal Samudera dan Perekat Nusantara

Peringatan HUT Armada RI ke-73 di Sorong

Irup upacara saat mengecek pasukan upacara/Ola

SORONG,-Peringatan Upacara HUT Armada RI ke-73 Tahun 2018 dengan tema Armada RI Ksatria Pengawal Samudera dan Perekat Nusantara, Bersama Rakyat Siap Menjaga Kedaulatan NKRI dilaksanakan oleh Inspektur Upacara (Irup) Panglima Koarmada III  Laksda TNI I.N.G. Ariawan, dan Komandan Upacara (Danup) Dandenintel Koarmada III Letkol Laut (P) Sunandar Wahyudi di Kota Sorong, Papua Barat, Rabu (5/12).

Amanat Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, yang dibacakan oleh Irup, pada intinya menerangkan bahwa pelaksanaan upacara hari Armada memiliki arti yang sangat penting bagi TNI AL, karena mengingatkan tentang sejarah berdirinya Armada RI.

Perjalanan sejarah menunjukkan bahwa Armada RI telah tumbuh menjadi organisasi yang semakin besar dan di dukung oleh berbagai jenis alutsista, selanjutnya sesuai keputusan presiden RI nomor 12 tahun 2018 telah dibentuk sejumlah satuan baru TNI di wilayah timur NKRI, termasuk Koarmada III di Sorong sebagai bentuk penataan gelar pasukan TNI dalam rangka membangun pertahanan Negara yang kuat dan merata serta dapat menjangkau seluruh wilayah NKRI.

"Dengan adanya organisasi TNI AL yang telah tergelar dalam tiga armada dan karakteristik ancaman yang harus dihadapi maka diperlukan suatu postur kekuatan Koarmada yang optimal dengan tingkat kesiapan operasional yang tinggi. Hal inilah yang menjadi landasan dalam kebijakan pembangunan kemampuan dan kekuatan TNI AL ke depan," ujar Panglima Armada III.

Upaya penataan gelar pasukan TNI perlu ditindaklanjuti dengan penetapan komando pelaksana di tiap-tiap armada dan pembangunan sarana prasarana pedukungnya. 

Diakhir upacara dilanjutkan acara ramah tamah di Gedung Serba Guna (GSG) Mako Koarmada III, selain itu Pangkoarmada III memberikan hadiah berupa piala dan uang pembinaan kepada juara peringkat 1, 2, dan 3 lomba bulutangkis dan futsal serta pemotongan tumpeng diakhir acara.

Hadir dalam upacara tersebut Komandan Lantamal (Danlantamal) XIV Laksma TNI Rachmad Jayadi, perwakilan TNI AD, Polri dan Forkopimda lainnya.
Pelaksanaan HUT Armada kawasan III merupakan HUT Pertama usai diresmikan oleh Panglima TNI pada 11 Mei 2018 lalu.*