Setelah Hujan Deras, Jalan-Jalan Kota Manokwari Tak Elok Dipandang

Tampak jalan umum di Tamanria terlihat tumpukan tanah kecoklatan menghiasi jalan setelah hujan deras, Minggu (2/12)/Albert

MANOKWARI,- Jalan protokol Manokwari diibaratkan seperti kapal pecah. Kenapa demikian, sebab ketika turun hujan deras, maka jalan umum tampak terlihat jenis sampah dan tanah kecoklatan menghiasi sudut-sudut jalan umum.

Misalnya jalan utama Rendani Tamanria, Kelurahan Wosi atau lebih tepat di jalan menuju Bandara Rendani Manokwari. Di situ sepanjang jalan kurang lebih 200 meter sisi kanan kiri tampak berwarna kecoklatan.

Kondisi jalan itu pun menjadi penilaian publik dari berbagai kalangan masyarakat. Salah satunya diutarakan oleh pimpnan Ormas Panglima Parlemen Jalanan (Parjal) di kabupaten Manokwari, Papua Barat, Ronald Mambieuw, Minggu (2/12).

Menurut Ronald, penanganan sampah sudah maksimal oleh pihak kebersihan, Pemda Manokwari, sebab telah disediakan bak sampah sementara dibeberapa titik agar memudahkan masyarakat membuang sampah pada tempatnya.

Hanya saja, kata Mambieuw, penanganan banjir melalui saluran air (drainase) oleh instansi teknis seperti Dinas Pekerjaan Umum baik kabupaten dan provinsi Papua Barat di daerah ini belum maksimal, sehingga berdampak pada sampah yang terlihat sampah di jalan umum ketika turun hujan deras.

Tidak sampai di situ, juga terlihat proyek pengerjaan saluran air di sepanjang jalan dengan material yang berada di pinggiran badan jalan menyebabkan kecelakaan lalu lintas, baik kepada pengendara roda dua maupu roda empat.

"Parjal minta PU Kabupaten dan Provinsi harus mengambil langkah cepat di tahun besok dengan program perawatan saluran atau drainase. Sebab kita Parjal sudah membantu PU provinsi dengan RAB Perawatan saluran dalam kota. Mudah mudahan ditindak lanjuti dalam DPA PU Pemprov. Namun jika Program tersebut tidak diseriusi, maka kami pastikan kerja tambal sulam jalan dan drainase akan menghabiskan anggaran dan terkesan tidak efisien," ujar Mambieuw.

Dia menambahkan bahwa banyak jalan di Manokwari ini yang rusak karena luapan air di dalam got yang tidak mampu menampung debit air sehingga menyebabkan kerusakan terlihat di jalanan. *