Tes CAT Calon Anggota KPUD Besok, Jaring 35 Peserta untuk Hadapi Psikotest

Ketua Timsel I Anggota KPUD, Dr. Pieter Ell/Istimewa

JAYAPURA,- Setelah melalui tahapan verifikasi administrasi, 160 orang peserta calon KPUD mengikuti tes tertulis dengan menggunakan metode Computer Assisted Test (CAT), Sabtu (24/11) besok.

Ketua Timsel I Anggota KPUD, Dr. Pieter Ell, kepada wartaplus.com, Jumat (23/11) menjelaskan, tes menggunakan metode CAT, dilakukan untuk memperoleh calon yang memenuhi standar kompetensi yang dipersyaratkan melalui proses seleksi yang transparan, obyektif, adil dan efisien serta bebas KKN.

Calon Anggota Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Mimika, Kabupaten Yahukimo, Kabupaten Boven Digoel, Kabupaten Deiyai Periode 2018-2023, akan mendapatkan materi-materi terkait dengan ketatanegaraan dan lembaga penyelenggara pemilu.

 “Materi test tertulis meliputi Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhineka Tunggal Ika, Kepemiluan, Ketatanegaraan, Kepartaian dan Lembaga Penyelenggara Pemilu,” terang Pieter.

Selanjutnya, Tim Seleksi akan menetapkan calon yang lulus test tertulis paling banyak 35 orang dan akan diumumkan berdasarkan abjad. “Bagi 35 orang yang lolos dari setiap Kabupaten akan mengikuti psikotest (test psikologi) pada tanggal 27-28 November 2018 di Jayapura. *