Kampung Ifar Besar Dicanangkan Sebagai Kampung Mina Wisata Perikanan

Sekda Kabupaten Jayapura, Yerry Ferdinan Dien, saat menandatangani pencanangan Kampung Ifar Besar sebagai kampung mina wisata perikanan/Andy

SENTANI,– Pemerintah Kabupaten Jayapura mencanangkan Kampung Ifar Besar Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura sebagai kampung mina wisata perikanan, pada Senin (19/11) sore.

Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jayapura, Yerry Ferdinan Dien, kepada wartawan mengatakan, pencanangan Kampung Ifar Besar sebagai kampung mina wisata perikanan adalah untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dan juga untuk menyambut PON XX tahun 2020 di Papua.

“Ini adalah salah satu perhatian pemerintah kepada masyarakat untuk meningkatkan ekonominya dan semakin sejahtera. Selain itu, Kampung Ifar Besar ini akan menjadi tempat perlombaan cabang olahraga dayung pada PON 2020 nanti, sehingga kebutuhan-kebutuhan makanan seperti ikan perlu dipersiapkan sejak awal,” kata Yerry Ferdinan Dien kepada pers di Sentani, Senin (19/11) sore.

Yerry juga mengingatkan bahwa dengan pencanangan yang dilakukan, kedepan masyarakat setempat harus bisa membenahi sektor-sektor unggulan di danau sentani sehinggga memliki daya tarik bagi wisatawan maupun warga lokal yang ada di Jayapura.

“Harus ada pembenahan yang dilakukan, baik itu dari potensi wisatanya, perilaku masyarakat, perumahan penduduk, dan beberapa aspek lain yang dapat memberikan kenyamanan bagi pengunjung,” ujarnya.

Kepala Balai Perikanan Budidaya Air Tawar Tatelu Manado, Fernando Simanjuntak, memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah yang mencanangkan kampung mina wisata perikanan. Ia berjanji akan mensuport dengan program-program prioritas yang ada di Direktorat Perikanan dan Budidaya.

“Kami akan mensuport bantuan benih ikan, pendampingan teknis, serta bantuan pakan sehingga program wisata perikanan di kampung ini bisa cepat terealisasi,” ujarnya.

Sementara itu, Ondofolo Kampung Ifar Besar, Frans Albert Yoku, menyambut baik pencanangan kampung mina wisata perikanan, ia optimis bahwa masyarakat setempat mampu mengembangkan budidaya ikan air tawar.

“Terima kasih kepada pemerintah daerah yang mempercayakan tanggung jawab besar ini kepada kami, saya optimis bahwa kami bisa mewujudkan itu karena kami hidup dari danau sentani. Ini bukan hanya untuk generasi kami ini tapi akan berlanjut, sehingga kami optimis bisa melakukan itu,” ujarnya.

Dalam pencanangan yang dilakukan, Pemerintah daerah melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Jayapura menyerahkan bantuan berupa bibit ikan, pakan, jaring, dan sejumlah peralatan lainnya kepada kelompok usaha budidaya ikan air tawar yang ada di Kampung Ifar besar.

Turut hadir dalam acar tersebut, Sekda Kabupaten Jayapura, Yerry Ferdinan Dien, anggota DPR RI Komisi IV, Soleman Hamzah, Kepala Balai Perikanan Air Tawar Tatelu Manado, Fernando Simanjuntak, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Papua, Drs. FX Mote, Ondofolo Kampung Ifar Besar, Albert Yoku dan sejumlah masyarakat Kampung Ifar Besar. *