Peduli Generasi Muda, Brimob Polda Papua Gelar Turnamen Futsal

Turnamen Futsal HUT Brimob ke-73 Tahun bertajuk Piala Dansat Brimob Polda Papua/google

JAYAPURA,-Dalam rangka memperingati HUT Korps Brimob Polri yang ke-73 tahun dan sebagai bentuk kepedulian terhadap generasi muda, Brimob Polda Papua bersama dengan White Steel Organizer menggelar turnamen futsal yang berlangsung selama lima hari, tanggal 11-15 November 2018 di Lapangan Futsal Boulevard II Entrop.

Turnamen yang diikuti oleh 32 peserta itu memperebutkan Piala Dansat Brimob Polda Papua dengan total hadiah Rp 25 Juta, dimana Juara I akan mendapatkan Rp 10 juta, Juara II Rp 7 juta, Juara III Rp 5 juta dan Juara IV Rp 2,5 juta. Sedangkan untuk pemain terbaik dan pencetak gol terbanyak akan mendapatkan uang tunai masing-masing Rp 500 ribu.

Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Papua, Komisaris Besar Polisi Jermias Rontini mengatakan, turnamen tersebut digelar juga sebagai bentuk terciptanya suasana kondusif di Tanah Papua. Dimana salah satu bentuk barometer tren positif yakni melalui bidang olahraga futsal yang sejak sembilan tahun terakhir menjadi sebuah olahraga idola baru selain sepakbola dikalangan masyarakat Papua. 

"Papua tak akan pernah berhenti menghasilkan para talenta mudanya dibidang olahraga, khususnya olahraga futsal yang telah membuktikan, walaupun masih baru namun futsal sangat diminati hampir semua kalangan masyarakat di Tanah Papua," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima wartaplus.com, Kamis (15/11).

"Kita bisa lihat melalui makin banyaknya pemain Papua di klub liga pro futsal Indonesia, bahkan dua pemain futsal asal Provinsi Papua sudah bermain untuk Tim Nasional Futsal Indonesia yaitu Ardiansyah Runtuboy dan Holy Paul Soumilena," tambahnya.

Dijelaskan, turnamen tersebut juga sebagai sarana para pemuda di tanah Papua agar terhindar dari perilaku-perilaku negatif seperti Narkoba, Alkohol dan Kekerasan.

"Turnamen ini juga menjadi ajang pembuktian diri mereka untuk menunjukkan prestasi kepada Keluarga, Lingkungan dan Tanah Papua khususnya serta Negara Kesatuan Republik Indonesia pada umumnya," tandasnya.

Dari 32 Peserta yang ikut dalam even ini, empat tim telah lolos ke babak semi final, diantaranya Futsal Papua FC, Ditreskrimsus FC, Aspol FC dan Israel FC. Partai semifinal I akan mempertemukan Reskrimsus FC vs Israel FC dan partai semifinal II mempertemukan Futsal Papua FC vs Aspol FC.*