Pemprov Papua dan Kementerian BUMN Sepakat Bentuk Tim Khusus Untuk PON XX

Gubernur Papua Lukas Enembe didampingi Wagub, Klemen Tinal dan sejumlah pimpinan OPD saat bertemu Menteri BUMN, Rini Soemarno di kantor Kementerian BUMN Jakarta, Rabu (14/11)/Istimewa

JAKARTA, - Kementerian Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia (BUMN-RI) dan Pemerintah Provinsi Papua sepakat membentuk tim khusus dalam rangka mensukseskan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI tahun 2020 di bumi cenderawasih

Menteri BUMN, Rini Soemarno kepada pers usai menerima tim Road Show PON Papua di kantornya Rabu (14/11) siang menegaskan, pembentukan tim ini untuk kebutuhan apa saja yang masih diperlukan untuk PON XX tahun 2020.

“Kami akan melihat programnya semua. Jadi tadi saya bilang pak Gubernur untuk membentuk tim khusus guna kemudian melihat apa saja yang masih dibutuhkan untuk mensukseskan PON,” ungkap Rini.

Rini mengaku akan mendorong seluruh BUMN di Indonesia untuk mensuport pelaksanaan PON di Papua dan juga mempromosikan potensi pariwisata di Bumi Cenderawasih sehingga masyarakat Indonesia dapat mengenal Papua secara menyeluruh. 

“Kementerian BUMN secara menyeluruh akan bersinergi untuk mensukseskan PON di Papua. Tentunya tidak terlepas juga kita melihat potensi pariwisata sehingga masyarakat Indonesia secara luas mengenal Papua,” katanya

Secara khusus, Rini Soemarno mengharapkan agar transaksi pembelian saham PT Freeport Indonesia dapat selesai akhir tahun 2019 sehingga perusahaan tersebut dapat menopang penyelenggaraan PON XX di Papua.

“Semoga penyelesaian transaksi Freeport sebelum akhir tahun sehingga kita akan mendorong Freeport untuk mendukung PON dan juga BUMN lainnya seperti PT Telkom, PT Pertamina, PT PLN (Persero) dan Perbankan Nasional,” harapnya.

Sementara itu, Gubernur Papua, Lukas Enembe mengapresiasi Kementerian BUMN karena mendukung penuh pelaksanaan PON XX. 

Menteri BUMN bakal menggerakan seluruh BUMN untuk membantu iven empat tahunan itu.

“Ibu menteri sangat memahami dan respek terhadap pelaksanaan PON di Papua. Dia (Menteri) sudah tau peran dan tugasnya menggerakan semua BUMN dilingkungan kementeriannya mensukseskan PON,” ungkap Gubernur yang dalam pertemuan didampingi Wakil Gubernur, Klemen Tinal, Sekda Hery Dosinaen dan sejumlah pimpinan OPD terkait.

Gubernur menambahkan, dukungan dari Freeport pada PON akan lebih dimaksimalkan sehingga penyelenggaraan PON di Papua bisa terlaksana dengan baik.

“Semua BUMN akan digerakkan dan salah satunya Freeport untuk membantu pelaksanaan PON,” tandasnya.