Sering Nyeri Pinggang, Haruskah Pergi ke Dokter?

Net

WARTAPLUS - Low Back Pain (LBP) atau nyeri pinggang belakang merupakan kondisi yang umum terjadi pada masyarakat Indonesia. LBP merupakan nyeri yang dirasakan pada bagian punggung bawah yang dapat merupakan nyeri lokal (hanya di bagian pinggang atau lumbal), nyeri radikuler (menjalar ke tungkai bagian bawah), atau keduanya.

Spesialis Bedah Saraf, Brain & Spin Binda Neuro Center, Dr. dr. Wawan Mulyawan SpBS (K), SpKP menjelaskan dua jenis LBP. Salah satunya adalah nyeri di bawah punggung yang terjadi selama beberapa minggu, kemudian hilang setelah istirahat dan minum obat yang dijual bebas di pasaran atau minum jahe susu.

"Dari total 100 persen orang dewasa yang menderita nyeri punggung, sebesar 90 persen ada yang bisa hilang (sakitnya) antara 4-6 minggu. Kalau ini karena otot yang kaku," kata dia saat ditemui di RS Bunda Jakarta, Jumat, 2 Novemeber 2018.

Dia melanjutkan ada juga nyeri di bawah punggung yang bisa disembuhkan lebih dari enam bulan dan bisa kambuh. Umumnya, penyakit ini bukan hanya sakit di area pinggang saja, tapi juga bisa menjalar hingga ke kaki.

Jika sudah pada taraf seperti ini, kata dia, perlu pemeriksaan ke dokter untuk mendapatkan penanganan. Itu karena jika dibiarkan, dapat menyebabkan terganggunya aktivitas keseharian sang penderita.

Lebih lanjut, dia menjelaskan penyakit jenis ini biasanya disebabkan trauma berulang, Spondylosis lumbal yang terjadi karena pergesaran segmen tulang lumbal dan HNP (Hernia Nucleus Pulposus) atau yang dalam bahasa awam disebut dengan saraf kejepit.