Sejumlah Peneliti Alami Kecelakaan di Raja Ampat

Kapal Riset Baruna Jaya VIII yang menolong para peneliti/Google

SORONG,-Sejumlah peneliti mengalami kecelakaan di perairan BUD Waigeo Utara Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, Selasa (30/10).

Kepala Kantor SAR Sorong, Emmy Freezer menjelaskan bahwa Kansar Sorong menerima informasi dari Kapal Riset Baruna Jaya VIII yang melaporkan ke Kansar Sorong bahwa crew peneliti mengalami kecelakaan di Perairan BUD Waigeo Utara. Jumlah crew diketahui 7 orang itu diketahui sedang melakukan ekspedisi pemetaan laut dalam. 

"Jarak LKK sekitar 110 NM dari Sorong. POB 7 orang dalam kondisi selamat, namun satu orang mengalami patah tulang tungkai bawah dan satu orang mengalami luka dibagian kaki karena benturan dengan karang saat boat penelitian terbalik. Saat kejadian, Kapal Riset Baruna Jaya VIII berada sekitar 7 NM dari LKK, namun tidak dapat merapat dikarenakan ombak dan banyaknya reef. Setelah cuaca cukup tenang, boat penyelamat dapat menjangkau korban yang terdampar di pulau BUD dan memberikan Pertolongan pertama," papar Emmy. 

Saat ini ke 7 POB telah berada di atas Kapal Riset Baruna Jaya VIII LIPI menuju sorong untuk di rujuk ke Rumkit AL melalui pelabuhan Sorong.*