Orang Penting di Belakang Layar Klub Arsenal Berbagi Ilmu di Markas Persipura

Pakar Digital Media asal Inggris, Richard Clarke saat memberikan materinya dalam workshop yang digelar di ruang pers, Stadion Mandala/Djarwo 

JAYAPURA,- Sejumlah wartawan olahraga yang aktif meliput pertandingan Persipura Jayapura di kompetisi Liga 1 2018, mendapatkan kunjungan dari seorang konsultan digital media asal Inggris yang kini bekerja membantu PT Liga Indonesia Baru (LIB), Richard Clarke.

Dalam kunjungan tersebut, Richard didampingi oleh Media dan Public Relation Manager PT LIB, Hanif Marjuni memberikan sejumlah materi yang dikemas dalam workshop digital media, bagi sejumlah wartawan maupun Media Officer Persipura.

Richard merupakan seorang pakar dalam pengembangan digital media yang pernah bekerja untuk klub sekelas Arsenal dan juga sempat berkarir di Amerika Serikat untuk mengelola situs maupun konten media sosial. Dijelaskan Hanif, workshop tersebut digelar untuk semua kontestan Liga 1, agar nantinya pihak klub dapat mengembangkan digital media masing-masing. 

Dimana dari situ, akan tercipta perubahan konten yang lebih baik, dan juga menguntungkan secara finansial bagi pihak klub. "Kita sudah menggelar ini bersama beberapa klub, dan sekarang kita di Jayapura lalu akan berlanjut ke markas Perseru Serui," ujarnya, disela workshop tersebut, Senin (29/10/18).

Sementara itu, Richard mengaku senang bisa bekerja untuk pengembangan digital media bagi klub-klub sepak bola di Indonesia. Ia menilai di Indonesia punya potensi yang besar.

"Orang di Eropa sudah mulai tahu bahwa saya bekerja disini dan sekarang banyak media di Eropa yang bertanya kepada saya tentang sepak bola Indonesia,"ungkapnya.*

 

Dalam workshop tersebut, Richard juga memperlihatkan daftar peringkat klub Indonesia dengan jumlah fans terbanyak di media sosial. Diantaranya ada Persib Bandung yang menempati urutan pertama dengan jumlah pengikut sebanyak 15,2 juta akun dan berada di posisi 21 dunia. Kemudian diikuti oleh Persija Jakarta dengan 4,7 juta pengikut dan Arema Malang dengan 2,3 juta pengikut.

 

Sementara untuk akun media sosial Persipura Jayapura yang terdiri dari Instagram, Facebook, YouTube dan Twitter baru memiliki total 171.000 pengikut.*