Pemuda Sorong Gelar Festival Pemuda Bermakna

Sejumlah stand pameran komunitas pemuda di Sorong/Ola

SORONG,-Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, puluhan komunitas Pemuda se Sorong Raya menggelar kegiatan pameran serta kegiatan amal di Lapangan Hokky Kota Sorong, Papua Barat, Minggu (28/10).

Ketua Panitia kegiaran, Marcelino Resubun yang kesehariannya tergabung sebagai kurir di Sedekah Rombongan menuturkan bahwa tujuan kegiatan dalam rangka Sumpah Pemuda itu, selain menjalin silaturahmi antar sesama komunitas pemuda juga sebagai bentuk komitmen pemuda dalam memberikan kontribusi positif bagi pembangunan di daerah.

"Yang ikut festival dan pameran ini dari berbagai latar belakang komunitas kepemudaan yang memiliki satu komitmen bahwa pemuda bisa bersatu dan berkontribusi dalam pembangunan sesuai kreatifitas masing-masing yang tentunya positif bagi diri sendiri dan lingkungannya. Selain itu juga nanti akan dilakukan kesepakatan bersama dengan penandatanganan pemuda anti hoax, SARA, anti narkoba dan ada kegiatan sosial berupa pemeriksaan darah, donor darah dan pentas seni sekaligus penggalangan dana untuk korban gempa tsunami Sulawesi Tengah,"terang Marcel.

Salah satu peserta pameran, Nur Hayyu Suprihatin dari Forum Literasi Sorong Raya berharap kegiatan pameran komunitas pemuda ini bisa berkelanjutan, bersinergi di waktu mendatang demi mewujudkan generasi pemuda yang peduli terhadap sesama, bangsa dan negara.

Sebelumnya, para komunitas pemuda ini melakukan upacara secara sederhana di lapangan hokky dengan hikmat sekaligus merenung mengenai perjuangan pemuda bangsa Ini beberapa tahun lalu dalam mengisi kemerdekaan bangsa RI. 

Pameran ini berlangsung sejak pagi hingga malam hari dan mendapatkan respon positif dari warga Sorong. Sejumlah warga berharap kehadiran komunitas Pemuda di Sorong itu berdampak positif bagi pembangunan.

"Selama ini kan cap komunitas Pemuda itu sedikit meragukan kan ya. Identik dengan hura-hura, mabuk dan ugal-ugalan di jalan. Tapi hari ini Saya buktikan bahwa masih ada komunitas pemuda yang bagus seeprti hari ini Saya lihat. Semoga semakin banyak komunitas pemuda seperti ini. Bermanfaat bagi diri sendiri juga masyarakat," harap Natalia salah satu pengunjung pameran.*