DPP Kukuhkan Pengurus Forsesdasi Papua Barat, Gubernur: Tugas Sekda Penting

Pengukuhan komisiariat wilayah Forsesdasi Papua Barat/Albert

MANOKWARI,- Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Forum Sekertaris Daerah Seluruh Indonesia (Forsesdasi) Nasrun Umar mengatakan, pengukuhan pengurus Forsesdasi Koordinator Wilayah Provinsi Papua Barat periode 2018-2021 bagian dari program kerja.

Pengukuhan komisiariat wilayah Forsesdasi Papua Barat merupakan yang pertama kali dilakukan di wilayah Papua Barat, bahkan menjadi yang pertama kali untuk seluruh provinsi di Indonesia.

Menurut penjelasan Umar, Forsesdasi merupakan tindaklanjut dari Rakernas tahun 2015, dimana forum ini diharapkan saling koordinasi dalam membantu kepala daerah di birokrat masing-masing provinsi, kabupaten, kota seluruh Indonesia.

Usai pembentukan Forsesdasi Korwil Provinsi Papua Barat, diharapkan adanya pembentukan Forsesdasi di tingkat daerah kabupaten/kota se-Papua Barat.

Sementara itu, dalam sambutan Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan, pembentukan Forsesdasi Korwil Papua Barat diharapkan mampu memperhatikan prinsip hubungan pemerintah daerah dengan pusat dan sebaliknya.

Apalagi Sekda merupakan pembantu kepala daerah dalam administrasi pemerintah untuk  pembangunan daerah, sehingga peran penting Sekda sangat dibutuhkan. Akan tetapi perlu diperhatikan pula program kerja yang harus disesuaikan dengan undang-undang.

Lanjut Gubernur, Sekda juga harus sesuaikan visi misi kepala daerah dalam tata cara penyusunan program kerja di birokrat, sebab Sekda merupakan panutan ASN (apartur sipil negara) di masing-masing daerah.

Gubernur menambahkan, Korwil Forsesdasi Papua Barat dalam kegiatan diskusi Forsesdasi III tahun 2018 ini diharapkan menyusun program kerja dan mampu mendorong percepatan pembangunan di Papua Barat yang lebih baik. *