Kapendam XVII Cenderawasih

Biadab! Selain Menyekap, KKSB Juga Memperkosa Guru di Mapenduma

Kapendam XVII Cenderwasih Kolonel Inf Muhammad Aidi/Istimewa

JAYAPURA,-Terjadi penyekapan terhadap para guru dan tenaga medis yang bertugas di Mapenduma oleh KKSB pimpinan Egianus Kogeya sejak tanggal 3 Oktober hingga 17 Oktober 2018. Ini dikatakan Kapendam XVII Cenderwasih Kolonel Inf Muhammad Aidi saat dikonfirmasi wartawan, Senin (22/10) siang.

Diungkapkan, salah seorang korban berinisial MT memberikan keterangan kepada kami terkait kejadian penyekapan dan pemerkosaan terhadap tenaga guru dan tenaga kesehatan di distrik Mapenduma Kabupaten Nduga, Papua.

MT menjelaskan bahwa mereka adalah rombongan pertama yang masuk ke Distrik Mapenduma pada hari Rabu tanggal 3 Oktober 2018 bersama-sama dengan 3 rekan lainya antara lain EL ( guru SD ) suku Flores, LY( guru SMP ) suku Toraja dan FN ( guru SMP ) suku Paniai. Mereka ditugaskan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten  Nduga untuk memberikan pelayanan pendidikan di Distrik Mapenduma.

"Pada saat mereka tiba di Bandara Mapenduma sdri MT bersama 3 rekannya disambut dan dikepung oleh Pok KKSB lengkap dengan senjata api berbagai jenis. Setelah pesawat jenis Caravan yang di tumpangi sdri MT dan rekan-rekanya meninggalkan Bandara Mapenduma, pimpinan dari KKSB mengambil alih pasukan. Mereka mengumpulkan dan melakukan pemeriksaan dan penggeledahan  terhadap saudari MT dan kawan kawan Mereka menyita HP dan KTP, "ujarnya.MT menuturkan  tidak tahu persis berapa jumlah mereka tapi kami perkirakan diatas 20 orang.

Lanjut Kapendam, setelah dikumpulkan dan dilakukan pemeriksaan saudari MT bersama rekanya diarahkan oleh Kepala Sekolah untuk tinggal di perumahan guru. Saudara MT menempati sebuah rumah bersama 2 orang temannya. 

Pimpinan KKSB menyampaikan bahwa tenaga guru dan tenaga kesehatan tidak boleh keluar rumah  sebelum acara KKSB di distrik Mapenduma selesai. Tidak diketahui acara apa yang dimaksud.

Diperkosa

MT menyampaikan bahwa sekitar  satu minggu (lupa hari dan tanggalnya) semenjak mereka disekap. Suatu malam sekitar pukul 00.30 WIT telah datang ke  anggota KKSB sebanyak 7 orang yang tidak dikenal dengan cara mencongkel jendela belakang rumah dan masuk kedalam rumah yang ditempati bersama 2 orang temannya.

Cerita MT kata Kapendam, anggota KKSB berjumlah 7 orang masuk ke rumah, mereka langsung memadamkan listrik rumah dan pada saat itu dalam kondisi hujan deras, saudari MT dan teman-temannya  sudah berupaya berteriak dan meminta pertolongan karena merasa takut, namun tidak ada yang mendengar. 

"MT diancam dengan todongan senjata dan diperkosa secara bergilir oleh 5 orang dari 7 anggota KKSB tersebut,"ujar  Kapendam

Sekitar pukul 3.30 WIT anggota KKSB baru meninggalkan rumah. Pada pagi harinya MT melaporkan kepada kepala sekolah apa yang telah dialami semalam bersama temannya di rumah guru tempat mereka disekap.

"Setelah kejadian tersebut para guru dan tenaga kesehatan dikumpulkan dan diungsikan ke perumahan puskesmas distrik Mapenduma. Dimana ditempat tersebut sudah ada yang lain dengan rincian guru SMP sejumlah 6 orang, guru SD sejumlah 3 orang, dan tenaga kesehatan perempuan sejumlah 4 orang sedangkan MT  bertiga dengan teman. Jadi jumlah seluruhnya 16 orang, "ujar Kapendam menceritakan kisah duka MT

Diungkapkan, setelah berselang  satu minggu tepatnya pada hari Kamis tanggal 18 Oktober para tenaga guru dan tenaga kesehatan dipulangkan menuju Wamena dengan dikawal oleh KKSB lengkap dengan senjatanya sampai ke Bandara Mapenduma.

Diancam Dibunuh

Sebelum mereka naik pesawat pimpinan KKSB mengancam akan membunuh semua tenaga guru dan tenaga kesehatan apabila ada yang melapor ke pihak Aparat Keamanan.

"Sesusai dengan data yang kami himpun, pelaku penyekapan adalah KKSB Pimpinan Egianus Kogeya, yang bersangkutan masih hubungan keluarga dengan almahrum Kelly Kwalik pelaku penyanderaan terhadap tim Lorentz tahun 1995/1996 di Mapenduma,"kata Kapendam.

Kelompok Egianus Kageya juga adalah pelaku penembakan pesawat dan pembantaian terhadap masyarakat sipil termasuk anak kecil di Nduga beberapa waktu yang lalu.

Disinggung  langkah-langkah dilakukan aparat keamanan menyikapi kasus ini? Aidi menjelaska bahwa aparat keamanan pasti akan melakukan tindakan, namun mekanismenya tidak perlu disampaikan ke publik. 

"Kan Pangdam dan Kapolda sudah membentuk Satgas Penegakkan Hukum (Satgas Gakkum). Hal ini demi menjamin kepastian dan kewibawaan hukum di wilayah kedaulatan NKRI Aidi menjelaskan. Ini adalah tindakan keji dan biadab yang tidak berprikemanusiaan. Mereka (red. Korban) adalah pekerja sosial, mereka rela meninggalkan kampung halaman dan keluarga demi untuk mensejahterahkan dan memajukan masyarakat pedalaman Papua. Tapi mereka justru mendapatkan perlakuan yang tidak manusiawi," sesal Aidi.*