Pemprov Papua Mulai Persiapkan Suvenir Untuk PON 2020

Ilustrasi PON XX tahun 2020 di Papua/Net

JAYAPURA, - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua mulai menginstruksikan bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup untuk menyiapkan cenderamata atau suvenir Pekan Olahraga Nasional (PON) XX pada 2020 yang akan digelar di Bumi Cenderawasih.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua Hery Dosinaen, di Jayapura belum lama ini mengatakan, ke depan setiap OPD akan berkoordinasi bersama PB PON untuk menyiapkan hal-hal terkait dengan iven olahraga nasional tersebut, termasuk penyediaan suvenir atau cenderamata.

"Pastinya semua OPD sesuai tugas pokok dan fungsinya pastinya akan menyiapkan suvenir-suvenir iven olahraga nasional ini, seperti Dinas Kehutanan Provinsi Papua yang akan bersinergi dengan PB PON," katanya.

Madu dan Minyak Kayu Putih

Sementara itu, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Papua, Jan Jap Ormuseray mengatakan dalam pelaksanaan pembukaan rapat teknis instansinya, sudah menampilkan beberapa suvenir dari jajarannya untuk kepentingan pelaksanaan PON XX 2020.

"Untuk suvenir hasil kerja jajaran kehutanan berupa madu dan minyak kayu putih, yang mana merupakan hasil-hasil hutan Papua dari lima wilayah adat," katanya.

Menurut Jan, pihaknya membawa contoh hasil-hasil hutan Papua untuk membuktikan bahwa Dinas Kehutanan Provinsi Papua sudah mengimplementasikan visi gubernur dan wakil gubernur pada lima wilayah adat yang ada di Bumi Cenderawasih.

"Hasil-hasil hutan Papua yang sudah diolah menjadi madu dan minyak putih tersebut dikemas dan dalam kemasannya sudah dipasang logo PON XX," ujarnya.

Dia menambahkan hasil-hasil hutan pada lima wilayah adat Papua yakni Saireri, Meepago, Lapago, Animha serta Mamta ini setelah dikemas dan diberi logo akan dijadikan suvernir atau cenderamata.