Pemanggilan Kevin ke Timnas, Persipura: PSSI Harus Lebih Sopan

Asisten Manajer Persipura, Bento Madubun/Djarwo

JAYAPURA,- Pemain muda Persipura Jayapura, David Kevin Rumakiek kembali dipanggil oleh tim nasional Indonesia U-19 yang akan berlaga di ajang Piala Asia U-19, 18 Oktober mendatang.

Namun pemanggilan Kevin tersebut justru membuat manajemen Persipura geram karena merasa tidak dihargai oleh timnas dan PSSI.

Pasalnya, pemanggilan Kevin itu, diungkapkan Asisten Manajer Persipura, Bento Madubun tanpa pemberitahuan dan juga melalui surat.

Bento menegaskan, manajemen Persipura selalu mendukung timnas Indonesia, seperti yang sudah digaungkan oleh Ketua Umum, Benhur Tomi Mano. Namun kata Bento, seharusnya PSSI tidak menggunakan cara yang tidak sopan.

"Kita setuju sesuai dengan pernyataan  ketua umum Persipura bahwa kita mendukung timnas, tapi tidak dengan cara seperti ini. Kita bisa saja tidak mengirimkan pemain kita ke timnas, tapi kita tetap mendukung. Seharusnya timnas dan PSSI harus lebih sopan lagi ke klub yang punya pemain. Yang gaji pemain tiap bulan kan klub," keluh Bento dihadapan sejumlah wartawan, Selasa (16/10).

Bento menuturkan, yang membuat manajemen Persipura geram lantaran timnas beberapa waktu lalu telah memulangkan Kevin kembali ke klub namun tanpa pemberitahuan. Anehnya, Kevin baru saja dipanggil kembali juga tanpa pemberitahuan dan tanpa surat.

"Sebelumnya Kevin dipulangkan dari timnas tapi tidak ada pemberitahuan dari timnas kenapa alasannya. Ini kan harus resmi karena ada federasi. Mereka tidak bicara dan bersurat di kita. Kemudian di panggil lagi tanpa surat," keluh Bento.

Bento menambahkan, pihaknya wajar merasa geram karena menilai tindakan yang dilakukan oleh timnas dan PSSI dianggap tak sopan, padahal selama ini yang menggaji para pemain per bulannya adalah pihak klub.

"Kami rasa ini perlu diberikan edukasi bagi yang bekerja di timnas, paling tidak pemain yang dipanggil ini kan ada klubnya dan harus ada penyampaian resmi kepada klub asalnya," tekannya.

Sebagai informasi, David Kevin Rumakiek dipanggil kembali untuk memperkuat timnas U-19 menghadapi ajang Piala Asia U-19. Kevin dipanggil untuk menggantikan posisi Samuel Cristianson yang mengalami cedera. Sebelumnya, Kevin gagal menembus skuat asuhan Indra Sjafrie semasa pemusatan latihan, berapa waktu lalu. *